DPRD Balikpapan mengesahkan Tata Tertib DPRD Tahun 2020

Balikpapan – Dalam Rapat Paripurna Internal yang digelar di ruang rapat gabungan Kantor DPRD Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan, Kalimantan Timur pada senin, 9 Maret 2020, DPRD Kota Balikpapan secara resmi mengesahkan Tata tertib ( Tatib) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD ) Kota Balikpapan Periode 2019-2024.

Rapat internal tentang penetapan Pansus Tata Tertib atau peraturan internal yang menjadi dasar anggota DPRD Balikpapan dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi atau tupoksi sebagai wakil rakyat ini dipimpin Thohari Aziz Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan

Ditemui setelah rapat Thohari Aziz  mengatakan, bahawa Rapat Internal Tentang Penetapan Pansus Tata Tertib DPRD, diman Tatib tersebut mengacu pada Peraturan Pemerintah ( PP ) Nomor 12 tahun 2018.

Baca Juga :   Antisipasi Peredaran Uang Palsu, Kapolres Berau : Ancaman 15 Tahun Penjara Menanti

Pengesahan Tatip DPRD dalam rapat paripurna internal DPRD tentang penetapan tatib Dprd Balikpapan Tahun 2020 yang telah sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 12 tahun 2018 ini membuat secara langsung Tatib DPRD Nomor 1 Tahun 2018 sejak hari ini dinyatakan tidak berlaku lagi.

Tata Tertib Dprd Kota Balikpapan Tahun 2020 telah dikonsultasikan atau diharmonisasikan ke Biro Hukum Pemerintah Provinsi Kaltim, dan tahap selanjutnya akan dilembar negarakan.

Thohari Aziz  menambahkan jika sudah dilembar negarakan, berarti Tatip tersebut sudah sah menjadi payung hukum DPRD Kota Balikpapan untuk menjalankan tugas pokok dan fungsinya.

Dalam Tatib DPRD tahun 2020 ini terdapat 19 Bab dan 157 Pasal yang akan mengikat kepada seluruh anggota DPRD Kota Balikpapan dalam menjalankan tugas sehari-harinya.

Baca Juga :   30 Jemaah Umroh Kaltim Masih Tertahan Di Arab Saudi

Dari 19 Bab Tati DPRD mengatur Hak dan Kewajiban serta Sanksi Anggota DPRD Balikpapan, apabila ada pelanggaran akan ditangani oleh badan kehormatan DPRD yang akan memberikan sanksinya, mulai dari teguran, peringatan hingga sanksi lebih tegasnya.

Karena  tatib ini dari dewan untuk dewan juga, Thohari berharap  agar seluruh Anggota DPRD Balikpapan bisa bekerja secara optimal dan Artinya mengikat kepada semua anggota DPRD Kota Balikpapan.

Nanti  Tatib Dprd Balikpapan ini akan dikembangkan petunjuk teknisnya di kode etik dprd  dan nanti badan kehormatan ( BK) akan menyusun Kode Etik DPRD//

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *