189 Peserta Calon PPS Akan Mengikuti Wawancara

Balikpapan – Sebanyak 189 peserta calon  Panitia Pemungutan Suara (PPS)  yang telah dinyatakan lolos dalam tes tertulis yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan akan mengikuti kembali tes wawancara  di Ballroom Hotel Horison

Anggota  Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan Sahrul Karim mengatakan peserta yang mengikuti tes wawancara merupakan calon pps yang sudah dinyatakan lulus dalam seleksi tertulis yang digelar pada 4 maret 2020 lalu.

Dari 259 Peserta Calon PPS  yang mengikuti tes tertulis, sebanyak 189 Peserta diantaranya dinyatakan lulus dan berhak mengikuti seleksi wawancara.

Sahrul menjelaskan karena jumlah peserta yang cukup banyak, pelaksanaan Tes Wawancara akan dilaksanakan selama 2 hari, yang dilakukan secara bertahap berdasarkan kelurahan. pelaksanaan tes wawancara dilakukan pada minggu ini, dikarenakan jumlah Peserta PPS yang banyak. sehingga tes wawancara harus bergantian.

Baca Juga :   Besaran gaji naik hingga 2 kali lipat

Berdasarkan kebutuhan di Pilkada Kota Balikpapan 2020, dibutuhkan sekitar 102 petugas untuk menjabat sebagai Petugas PPS di kelurahan.  102 petugas tersebut akan dibagi masing-masing 3 orang di tiap kelurahan yang tercatat mencapai 34 kelurahan di kota balikpapan.

Nanti nya yang akan di pilih di masing masing kelurahan harus mencadangkan 3 peserta, yang berarti penerimaan peserta PPS dikelurahan 3 peserta dan 3 peserta lain akan menjadi cadangan.

“Kita mengambil 2 kali lipat dari jumlah PPS yang ingin kita rekrut setiap kelurahan jumlanya ada 3, berarti yang harus di rekrut jumlahnya dalah 6. Dari jumlah enam itu dari 34 Kelurahan, harusnya jumlahnya itu 204 tetapi yang mengikuti seleksi wawancara hanya 189 orang. Sisinya kemana, ada beberapa Kelurahan yang memang jumlahnya tidak mencapai dua kali lipat dari jumlah yang dibutuhkan, Ada kelurahan yang jumlah peserta mengikuti tes tertulis itu Cuma hanya 3, ya otomatis yang ketiga orang  inilah yang kemudian kita akan panggil untuk seleksi wawancara. Kemudian ada juga yang banyak juga kelurahan yang jumlahnya sudah memenuhi dengan jumlah 6” Tegas Sahrul

Baca Juga :   Peduli Pendidikan, Pertamina Bangun Kampung Inggris di Panajam

Dengan jumlah 6 Petugas PPS ini, Sahrul mengatakan “misalnya ditengah jalan, ketiga orang ini pas sudah dilantik, sudah direkrut , sudah bekerja tapi di tengah jalan tiba-tiba mengundurkan diri (misalnya), nanti kami akan memanggil untuk melakukan pergantian atau rekrut petugas PPS.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *