Jahe Balikpapan Jadi Obat Penangkal Corona

BALIKPAPAN – Merebaknya virus corona atau Covid -19 telah menyebabkan ribuan orang di seluruh penjuru dunia meninggal dunia dalam beberapa bulan terakhir telah menimbulkan kekhawatiran di masyarakat.

Menjaga kondisi tubuh agar tetap fit terutama ketika memasuki musim hujan menjadi salah satu faktor utama agar tidak mudah terserang penyakit seperti batuk, flu, demam, termasuk tertular virus corona. Salah satu cara yang diberikan yakni dengan mengonsumsi obat herbal dalam kehidupan sehari-hari, seperti jahe.

Jahe telah lama digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai bahan olahan makanan dan minuman untuk menghangatkan dan mengembalikan kebugaran tubuh.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan, jahe Balikpapan atau dikenal dengan nama latin etlingera balikpapanensis berpotensi obat penangkal virus corona karena mengandung beberapa khasiat yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca Juga :   Ortu Meninggal Bersamaan 6 Bocah Yatim Piatu Viral

“Dibandingkan jahe lainnya, jahe Balikpapan memiliki kandungan terbaik sehingga berpotensi untuk diolah sebagai obat penangkal virus corona,” kata Rizal ketika menyampaikan sambutannya di kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kota Balikpapan di Kantor Wali Kota Balikpapan, Senin (16/3).

Hal itu disampaikan Rizal, berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh sejumlah peneliti molekul hayati dari Universitas Airlangga yang menyebutkan bahwa jahe balikpapan memiliki kandungan terbaik dibandingkan jahe lainnya, sebagai bahan untuk dijadikan obat penangkal virus corona.

Menurut Rizal, hasil penelitian ini akan disampaikan ke pemerintah pusat untuk dijadikan bahan pertimbangan sebagai upaya pemerintah untuk menangani penyebaran virus corona yang semakin meluas di beberapa daerah di Indonesia.

Baca Juga :   Tidak Ada Calon Independen Di Pilkada

Ia menjelaskan tanaman rempah-rempah seperti jahe dalam beberapa pekan ini menjadi barang yang mahal, karena permintaan dari masyarakat yang tinggi setelah adanya ancaman penyebaran virus corona. Harga jahe di pasaran disebutkan saat ini sudah naik cukup tinggi berkisar Rp50 ribu per kilogram

Penggunaan jahe, dipercaya dapat menangkal virus corona karena mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Jahe balikpapan merupakan tanaman khas Kota Balikpapan yang disebutkan hanya tumbuh di kawasan Hutan Lindung Sungai Wain dan belum ditemukan yang serupa di belahan dunia lainnya. (MF)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *