Pilkada Balikpapan Jadi Percontohan Nasional

Balikpapan – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 di Kota Balikpapan 2020 yang akan berlangsung pada 23 September mendatang diharapkan dapat menjadi percontohan pelaksanaan pilkada secara nasional.

Pelaksanaan launching kampung demokrasi ini akan dilaksanakan dengan konsep rembug kampung, yang akan menjadi ajang musyawarah bagi kelompok masyarakat untuk menyukseskan pelaksanaan pilkada di Kota Balikpapan.

Kegiatan ini akan menjadi pilot project bagi daerah lain, karena hanya Kota Balikpapan yang punya konsep kegiatan ini.

Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Balikpapan Ahmadi Aziz Mengatakan Kota Balikpapan menjadi satu-satu Kabupaten/Kota yang terlibat dalam pelaksanaan pilkada serentak pada tahun 2020 ini, yang meluncurkan program Kampung Demokrasi untuk mendongkrak jumlah pemilih sekaligus memberikan pendidikan politik kepada masyarakat.

Baca Juga :   Hibah Aset DJKN Sudah Ditunggu-Tunggu Warga Graha Indah

Kegiatan ini akan dilaunching, enam lokasi kampung demokrasi di masing-masing kecamatan di kota balikpapan. pelaksanaan launching dijadwalkan akan dilaksanakan pada pertengahan bulan maret ini. Kota Balikpapan menjadi satu-satu kabupaten/kota yang melaksanakan pilkada serentak yang memiliki kampung demokrasi dan diharapkan menjadi percontohan secara nasional.

Menurut Ahmadi, pembentukan kampung demokrasi ini merupakan inisiasi dari tiga lembaga yang terlibat dalam pelaksanaan pilkada yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan, Bawaslu Kota Balikpapan dan Pemerintah Kota Balikpapan dalam hal ini yakni Kantor Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol) Kota Balikpapan.

Ia menjelaskan, ketiga lembaga itu masing-masing memiliki peran penting dalam pembentukan kampung demokrasi seperti KPU Kota Balikpapan dalam upaya pemberian pendidikan politik terkait untuk meningkatkan jumlah partisipasi pemilih. Lalu, Bawaslu Kota Balikpapan bertugas untuk memberikan pendidikan politik kepada masyarakat dalam mendukung upaya pemberantasan praktik money politic serta memberikan pemahaman kepada masyarakat dalam menerima setiap informasi agar tidak mudah menjadi korban hoax dan Kesbangpol Kota Balikpapan yang juga terlibat dalam meningkatkan pengayoman terhadap ideologi Pancasila.

Baca Juga :   PPK dilibatkan dalam Wawancara PPS

Meski belum menentukan jadwal yang pastikan untuk pelaksanaan launching kampung demokrasi ini, Ahmadi memastikan sebanyak 3 ribu peserta baik dari perwakilan seluruh RT, Tokoh Masyarakat, Tokoh Budaya, Tokoh Agama, Ormas  dan unsur Muspida akan hadir dalam peresmian Kampung Demokrasi.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *