Ditengah Pandemi Covid-19, Faskes Mitra BPJS Kesehatan Tetap Lakukan Pelayanan Prima

Balikpapan – Ditengah kondisi pandemi Covid-19, fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan tetap memberikan pelayanan prima terhadap peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Hal tersebut dilakukan oleh salah satu klinik di Kota Balikpapan. Endang Dwi Esti, yang merupakan pimpinan klinik tersebut menyebutkan protokol pencegahan Covid-19 tetap dilakukan sebagai upaya pencegahan peyebaran virus Covid-19.

“Upaya pencegahan tetap kami lakukan pada saat memberikan pelayanan kesehatan. Peserta yang datang diwajibkan untuk memakai masker dan menggunakan hand sanitizer sebelum mendapatkan pelayanan dan sesudah mendapatkan pelayanan. Penyediaan hand sanitizer pun diletakan dibeberapa tempat yang mudah dijangkau. Jadi bagi pasien dapat dengan mudah dan selalu menjaga kebersihan dirinya,” ujar Endang.

Baca Juga :   MAKIN MUDAH, KINI APLIKASI MOBILE JKN ADA FITUR SKRINING MANDIRI COVID-19

Sementara itu, Risma yang merupakan salah satu peserta JKN-KIS menyebutkan pelayanan yang diberikan dalam kondisi pandemi Covid-19 ini sudah dirasa sangat baik dan memuaskan. Ia menyebutkan fasilitas yang disediakan faskes sudah cukup baik.

“Untuk layanan yang diberikan saya rasa sangat baik dan memuaskan ya, apalagi di tengah adanya virus corona ini. Di ruang tunggu juga disediakan hand sanitizer dan kita juga diwajibkan untuk selalu memakai masker. Selain itu, mulai dari pelayanan petugas pendaftaran hingga dokter yang melayani sudah sangat baik,” ujar Risma yang saat itu sedang mendapatkan pelayanan.

Di sisi lain, fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh peserta JKN-KIS yaitu sistem antrean elektronik. Sistem  antrean elektronik ini dapat diakses melalui aplikasi Mobile JKN. Tentunya, sistem ini bertujuan untuk memudahkan peserta dalam mendapatkan pelayanan.

Baca Juga :   Kasus Konfirmasi Positif COVID-19 Bertambah 856, Pasien Sembuh Meningkat 755

“Untuk sistem antrean elektronik ini bertujuan untuk memudahkan peserta dimana peserta tidak perlu lagi untuk segera datang ke fasilitas kesehatan untuk ambil nomor antrean, cukup di rumah saja.  Sistem antrean elektronik ini bisa diakses melalui aplikasi Mobile JKN, karena klinik kami sudah merapkan sistem tersebut,” ujar Endang.

Ia pun menghimbau kepada masyarakat atau peserta yang berobat ke fasilitas kesehatan untuk tidak membawa anggota keluarga lainnya.

“Saya juga menghimbau kepada peserta dan masyarakat yang ingin berobat untuk tidak membawa anak atau anggota keluarga lainnya, agar resiko penyebaran virus Covid-19 ini tidak terjadi,” tutup Endang.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *