Siaran TVRI alami gangguan, Belajar di Rumah Terganggu

Balikpapan, Siaran TVRI mengalami gangguan teknis pada Rabu (13/5) pagi ini. Tak ada siaran yang ditayangkan kurang lebih 30 menit. Siaran program ‘Belajar dari Rumah’ untuk anak-anak sekolah kelas 1 -3 jadi terganggu.

Saat lingkarkota.com, saluran ini hanya menayangkan logo TVRI sekitar pukul 09.20 WITA. Tidak ada suara ataupun gambar lainnya yang ditayangkan TVRI.

Siaran TVRI sempat mengalami gangguan saat jam penayangan belajar di rumah.

Seperti yang diketahui, mulai Senin, 13 April 2020, Televisi Republik Indonesia (TVRI) akan menayangkan program baru dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang bertajuk Belajar dari Rumah. Program tayangan ini menjadi salah satu alternatif pembelajaran bagi siswa, guru, maupun orang tua, selama masa belajar di rumah di tengah wabah Covid-19. Program Belajar dari Rumah di TVRI akan diisi dengan berbagai tayangan edukasi, seperti pembelajaran untuk jenjang PAUD hingga pendidikan menengah, tayangan bimbingan untuk orang tua dan guru, serta program kebudayaan di akhir pekan, yakni setiap Sabtu dan Minggu. Untuk sementara, program ini direncanakan akan berjalan selama tiga bulan hingga Juli 2020.

Baca Juga :   Menerapkan MIKiR dengan Gamifikasi Pembelajaran Daring

Program Belajar dari Rumah di TVRI, merupakan respons Kemendikbud terhadap masukkan Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat saat Rapat Kerja pada 27 Maret 2020 yang lalu. Dikutip dari pikiranrakyat.com, Direktur Program dan Berita TVRI Usrin Usman pun menjelaskan mengenai jadwal penayangan pendidikan di TVRI.

“Penayangan jam pendidikan program TVRI dengan kemendikbud, dilakukan sejak senin sampai jumat,” ujar Usrin Usman dalam Konferensi Pers yang dilakukan di Media Center Gugus Tugas COVID-19 pada Jumat 10 Maret 2020.

Ia pun mejelaskan mengenai jadwal tayang yang akan dilakukan TVRI bersama Kemendikbud.

08.00 WIB – 08.30 WIB akan diadakan materi untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

08.30 WIB – 09.00 WIB akan diadakan materi untuk kelas 1 hingga 3 Sekolah Dasar (SD).

Baca Juga :   SISWA MIN 1 BERAU, RAIH PRESTASI NASIONAL PADA MOC 2020

10.00 WIB – 10.30 WIB akan diadakan materi untuk kelas 4 hingga 6 SD.

10.30 WIB – 11.00 WIB akan diadakan materi untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP).

14.00 WIB – 14.30 WIB akan diadakan materi untuk Sekolah Menengah Akhir (SMA).

14.30 WIB -15.00 WIB akan diadakan pengasuhan dan pendidikan anak untuk orang tua dan guru.

Sedangkan untuk malam hari akan tayangkan film untuk anak dan film Indonesia.

Salah satu orang tua murid, Vina Novita, mengeluhkan dengan kondisi ini. Dia mengatakan khawatir jika proses belajar anaknya yang duduk di bangku Kelas 4 Sekolah Dasar terganggu.

“Siaran TVRI gak ada, kalo begini terus nanti pas jadwal kelas 4 enggak ada siaran juga, enggak bisa belajar,” kata Vina kepada lingkarkota.com.

Baca Juga :   SKK Migas – KKKS Wilayah Kalsul Gelar Webinar dan Lomba Karya Jurnalistik

Vina mengaku bingung melihat kejadian ini. Sebab TVRI hanya menayangkan logonya. Dia juga masih menunggu arahan dari guru sekolah anaknya melalui group wa kelas.

“Bingung, nunggu info dari group WA kelas aja, mudahan siaran TVRI kembali normal lagi,” tuturnya.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *