Kelompok KKN B 11 Uniba dan PKK Manggar Baru Budidayakan Tanaman Jahe Merah

Balikapapan – Di tengah Pandemi COVID-19 pada Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Balikpapan (UNIBA) mengangkat sebuah tema Tanggap Covid 19, Kelompok KKN B11 Kleurahan Manggar Baru membuat satu proker unggulan yaitu tentang pengembangan Budidaya tanaman jahe merah dengan bersinergi langsung dengan Ibu – Ibu PKK kelurahan manggar baru dengan tetap mengikuti protokol kesehatan,

Zulkifli selaku Ketua Kelompok KKN B11 UNIBA menyatakan kegiatan ini adalah bentuk kerja nyata mahasiswa terhadap kondisi masyarakat hari ini, dimana beberapa tinjauan analisa sosial dan sesuai fokus tema KKN UNIBA tahun ini yaitu Tanggap COVID-19.

“Pada kesempatan Kuliah Kerja Nyata ini kami dari Kelompok KKN B11 UNIBA menjalankan program unggulan sesuai tema KKN Tanggap COVID-19 yaitu mengajak masyarakat sekitar melalui Ibu-Ibu PKK yang ada di Kelurahan Manggar Baru untuk menanam Jahe Merah.” Ujar Zulkifli.

Baca Juga :   Produk Digital dari Luar Negeri Dipungut PPN Mulai 1 Juli 2020

Tambahnya “Dengan menanam Jahe Merah di tengah Pandemi COVID-19 masyarakat sekitar dapat membudidayakan tanaman tersebut dan memproduksi secara mandiri lalu dikembangkan melalui UMKM yang ada, sehinggah tanaman jahe merah tidak hanya dapat dikonsumsi pribadi untuk menjaga imunitas tubuh melainkan juga dapat mendongkrak UMKM setempat. karena yang kami ketahui kebutuhan jahe merah di tengah Pandemi seperti ini cukup tinggi di kalangan masyarakat”.

Program Kelompok KKN B11 UNIBA banyak mendapatkan antusian dari masyarakat sekitar, karena tidak hanya menanam jahe merah. Namun sebelumnya telah melaksanakan program lainnya seperti pembagian masker, pengadaan fasilitas cuci tangan di tempat umum, pemasangan sticker protokol COVID-19, pembagian suplemen vitamin C, serta edukasi dan penyerahan mesin jahit portable untuk memproduksi masker secara mandiri.

Baca Juga :   Ribuan Pekerja Hotel Terdampak, Soegianto : New Normal, Pengusaha Perlu Stimulus

Mutmainnah, selaku Sekretaris PKK Kelurahan Manggar Baru juga mengungkapkan “Kami sangat mendukung dan mensupport kegiatan mahasiswa KKN Universitas Balikpapan tahun ini serta masyarakat ikut antusias karena banyak menjalankan program yang memang sesuai dengan kebutuhan masyarakat di tengah Pandemi COVID-19 saat ini”.

“Bagi kami sebuah kerja nyata yang telah dilakukan adik-adik mahasiswa KKN dari Universitas Balikpapan, semoga dapat dijalankan terus oleh masyarakat sekitar nantinya dan dapat dikembangkan sehingga kebutuhan yang lain dapat diproduksi secara mandiri”. Tutup Mutmainnah.

Penulis: Alwi

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *