Setelah bertahun-tahun, Jalan Desa Tanah Datar Muara Badak Akan di Perbaiki

Tenggarong – Jalan Poros Samarinda – Bontang yang berada di Desa Tanah Datar, Kecamatan Muara Badak, akhirnya mendapat sentuhan perbaikan setelah lama diimpikan, Perbaikan itu dimulai sejak Juni 2021 lalu. Dikerjakan langsung oleh Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Wilayah XII Balikpapan.

Menanggapi hal tersebut , Anggota DPRD Kukar Dapil Muara Badak Abdul Wahab menyambut baik terhadap pengerjaan ini, pasalnya sudah sejak lama di idam-idamkan masyarakat sekitar.

“Kami sangat bersyukur akhirnya mendapat perhatian juga setelah sekian lama, kalau sampai ini terealisasi dapat memudahkan para pengendara yang melintas,” kata Wahab sapaan akrabnya.

Politisi Hanura ini juga berharap pembangunan ini harus terus diawasi sehingga tidak ada kemoloran dari kesepakatan waktu pelaksanaan.

Baca Juga :   Antisipasi Virus Corona, Bandara SAMS Sepinggan Bersih-Bersih Fasilitas

Diketahui,total jalan yang masuk dalam kontrak pengerjaan mencapai 52 kilometer, mulai dari jalan rusak yang ada di Kelurahan Lempake, Samarinda Utara hingga Simpang Muara Badak. Sedangkan panjang jalan efektif yang diperbaiki sepanjang 23 kilometer.

Namun karena kondisi kerusakan di Desa Tanah Datar cukup parah, maka fokus perbaikan diutamakan di akses jalan Desa Tanah Datar terlebih dahulu. Sedangkan jalan yang ada di Kelurahan Lempake, sembari berjalan perbaikannya.
Pengerjaan di sepanjang Desa Tanah Datar, berfokus pada pengerjaan galian saluran drainase. Juga saluran air permanen., Sehingga kondisi banjir yang kerap terjadi, dapat tertangani sementara. Fungsinya agar kerusakan di jalan tersebut, tidak bertambah besar.

Baca Juga :   Pemkot Balikpapan Liburkan Sekolah 14 Hari

Proyek multi years yang dikerjakan oleh PT Bumi Karsa, kontraktor asal Makassar, bakal menghabiskan anggaran pemerintah pusat mencapai Rp 227 miliar dalam waktu pengerjaan hingga 2023 mendatang. Dengan anggaran untuk tahun 2021 senilai Rp 36 miliar, pada 2022 senilai Rp 140 miliar. Sisanya lagi Rp 51 miliar ditahun ketiganya.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *