Polsek Samboja Salurkan 1000 Dosis Vaksin dari 2000 Dosis yang Diselenggarakan Muspika Samboja

Kutai Kartanegara – Sektor Kepolisian Samboja beserta Jajaran Muspika Kecamatan Samboja menggelar Vaksinasi Masal pada Kamis (14/10) di Kaltimpark keluarahan Kuala Samboja, Kecamatan Samboja Kutai Kartanegara, kegiatan ini juga melibatkan Komando Pasukan Militer (Koramil) Samboja beserta para Staf Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas III Kuala Samboa serta Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Balikpapan.

Hal ini diterangkan Kepala Polsek (Kapolsek) Samboja A.K.P. Adyama Baruna Pratama P, S.I.K., dirinya mengatakan bahwa pihaknya menargetkan 2000 jumlah dosis pada vaksin pertama, pihaknya menyebutkan ada 1000 dosis vaksin Sinovac dan 1000 dosis untuk Astrazeneca.

“Kita menargetkan 2000 dosis vaksinasi yaitu 1000 vaksin Sinovac yang berasal dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Kemudian 1000 Vaksin Astrazeneca yang berasal dari Polres Kutai Kartanegara” Ungkapnya (14/10) siang.

Dirinya menambahkan vaksinasi kali kini diberikan kepada seluruh masyarakat umum dengan rata-rata usia 12 hingga 18 tahun, serta 18 tahun sampai usia lansia.

Baca Juga :   Terapkan Layanan Publik dengan Protokol New Normal, Karantina Pertanian Balikpapan Jadi Contoh

“Biasanya sih Kalau Vaksin di beberapa daerah selalu meminta keterangan domisili untuk vaksin tersebut, Namun vaksinasi yang pihak kami adakan saat ini tidak meminta keterangan surat domisili, melainkan Kami hanya meminta keterangan KTP dan Kartu Keluarga yang valid, dan itu pasti kami layani, dari yang usia sekolah diatas 12 hingga 18, sampai usia 18 hingga usia lansia” Ujarnya.

Lanjutnya, Dirinya menjelaskan kegiatan ini melibatkan 5 regu Tenaga Kesehatan (Nakes) menjadi vaksinator, diantaranya dari Puskesmas Handil Baru, diikuti Puskesmas Sungai Seluang, serta Puskesmas Sungai merdeka, kemudian ditambah dengan Nakes yang berasal Polres dan Kantor Kesehatan Pelabuhan . Oleh sebab itu, pihaknya sudah mempersiapkan 75 tenaga untuk melayani ratusan peserta yang datang.

“Ada 5 regu Nakes yang terlibat untuk melancarkan kegiatan vaksinasi hari ini diantaranya, Puskesmas Handil Baru, disana ada Puskesmas Sungai Seluang, serta Puskesmas Sungai Merdeka, kemudian ditambah dengan Tenaga kesehatan yang dipersiapkan oleh Polres dan Nakes yang berasal dari KKP, kita sudah mengusahakan untuk siapkan 75 atau 70 lebih nakes untuk melayani masyarakat” Ucap Adyama.

Baca Juga :   RSUD AM Parikesit Miliki Aplikasi Simandau Aksi dan Akurasi Mapan

Kepala Polsek yang pernah bertugas di negara Sudan ini menyampaikan bahwa tujuan dari adanya kegiatan vaksinasi di Kuala Samboja ini ialah guna meningkatkan Herd Imunity (Kekebalan Kelompok) untuk segala lapisan masyarakat serta mempercepat jalannya program pemerintah dalam mengatasi covid-19 yang menargetkan 70 persen vaksinasi.

“Tujuan dari vaksinasi masal ini pertama ialah meningkatkan herd imunity, Secara nasional pemerintah telah menetapkan percepatan vaksinasi masal sesuai sekarang ini dengan target 70 persen”.

Menurutnya tugas vaksinasi masal ini bukan hanya dikerjakan oleh tenaga kesehatan saja melainkan juga lembaga pemerintah yang wajib turun tangan termasuk TNI, POLRI, KKP serta KUPP

“Secara Nasional tugas Vaksinasi Bukan hanya dikerjakan untuk tenaga kesehatan saja, melainkan ini juga merupakan tugas lembaga-lembaga nasional yang melibatkan TNI, POLRI, KKP dan KUPP tentunya,” ujarnya.

Burhanudin selaku Camat Samboja mengharapkan dengan berjalan program vaksinasi hari ini masyarakat bisa termotivasi agar selalu mengikuti protokol kesehatan serta mencegah penularan Covid-19.

Baca Juga :   PROGRAM JKN-KIS MERUPAKAN HAL YANG PENTING BAGI JOHANSYAH

“Saya harap dengan adanya vaksinasi yang kita gelar pada hari ini, bisa menjadi motivasi untuk masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan serta agar mereka bisa mencegah penularan Covid 19,” ucapnya.

Lanjutnya, dirinya juga sangat mengapresiasi kinerja Polsek samboja bersama para jajaran Muspika Pemerintah Daerah, tidak lupa dirinya juga sangat berterimakasih kepada Koramil dan KUPP serta KKP dan seluruh Nakes yang telah bersinergi untuk menjalankan Program yang telah disiapkan selama seminggu.

“Saya sangat Apresiasi kepada Polsek Samboja dan jajaran muspika kecamatan Samboja, serta Koramil dan Nakes sungai seluang, handil baru, dan sungai merdeka kemudian kepada KUPP dan KKP yang telah menjalankan program yang telah kita siapkan selama seminggu ini sesuai harapan,” tutupnya (Wi/gi).

Foto danramil, kapolsek, dan dua anggota DPRD Kukar dari Fraksi Golkar

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *