Dukung Atlet E-Sport, IndiHome Luncurkan LEAD

Limitless ESport Academy (LEAD) by IndiHome merupakan akademi e-sport dengan konsep athlete enablement, yaitu memberdayakan dan melatih seorang gamer (player) yang semula bermain game sebatas hobi, menjadi professional player (pro-player) yang bermental atlet.

Untuk di ketahui, PT Telkom Indonesia menghadirkan Program LEAD untuk mencetak atlet eSport dari berbagai gamers (pemain game) di Kawasan Timur Indonesia (KTI). Langkah PT Telkom ini ditandai dengan Roadshow Lead by IndiHome dan Turnament LOL Wild Rift di setiap wilayah kantor regional, termasuk pada Kota Balikpapan yang digelar di Hotel PlatinumBalikpapan, Minggu (18/10).

Ketua Umum eSport Indonesia (ESI) Balikpapan Muhamad Irfan mengemukakan kehadiran LEAD by IndiHome di Kota Minyak ini sangat di apresiasi bagi seluruh komunitas “gamer” di Kota Balikpapan. Menurut dia, perkembangan komunitas gamer di Kalimantan Timur, khususnya di Balikpapan berkembang sangat pesat.

Banyak potensi anak muda yang siap dikembangkan ke level yang lebih tinggi sebagai atlet eSport professional yang membanggakan Daerah dan Negara. “Kami sangat senang, bangga dan menyambut hangat kehadiran Lead by IndiHome di Indonesia Timur. Komunitas gamer di sini (Balikpapan dan sekitarnya), sangat antusias untuk mengikuti program akademi eSport dari IndiHome,” kata Irfan.

Lead by IndiHome bertujuan untuk mendukung perkembangan ekosistem olah raga elektronik (eSport), khususnya melalui kaderisasi atlet eSport di Indonesia. Dyah Rasyidah, Srikandi Gamer IndiHome menjelaskan lead by indiHome ini atau merupakan salah satu bentuk kontribusi IndiHome sebagai internetnya Indonesia. Di mana IndiHome memiliki tagline aktivitas tanpa batas/

Baca Juga :   Bhabinkamtibmas Teritip Himbau Warga Jaga Ketertiban Selama Turnamen

“Tagline aktifitas tanpa batas ini, kami mengajak mengajak seluruh masyarakat indonesia dari sabang sampai Merauke, temen-temen yang ada di Kalimantan untuk terus beraktivitas, apalagi di dalam keadaan pendemi, dan juga terus berkretifitas khususnya di ekosistem gamers atau esports” Terang Dyah.

Lead by IndiHome ini adalah program akademi esports yang konsepnya adalah bukan hanya jadi progamer atau pro player tetapi menjadi atlet esports, dan terserdia silabus – silabus didalam program Lead by IndiHome.

GM Witel Balikpapan, Yoga Istanto menjelaskan bahwa Telkom Group mempunyai komitmen yang sangat kuat untuk ikut membesarkan dunia game di Indonesia, menurut Yoga Esports adalah salah satu sektor di bisnis kreatif yang tidak terkena dampak pandemi.

“Pada saat pandemi permintaan IndiHome malah mengalami peningkatan, permintaan itu seiring kebutuhan masyarakat yang dituntut untuk banyak online dari rumah, dan salah satunya terdapat juga konstribusi dari game online. Dan Lead by IndiHome ini ini salah satu komitmen dari Telkom group untuk bisa ikut bersama-sama membesarkan game di Indonesia” kata Yoga.

Baca Juga :   Terpilih Secara Aklamasi, Alwi Al Qodri Resmi Nahkodai PBSI Balikpapan Periode 2022-2026

Ia menambahkan, dengan Lead diharapkan ke depan itu para gemers menjadi atlet development center, “Kita paham bahwa game ini bukan hanya saja menjadi hobi, sekarang mungkin dulu banyak orang tua itu antipati ya mungkin kurang respek kalau anaknya itu hobi game tapi itu juga punya banyak sisi positif, dan sekarng sudah mulai banyak event-event game di level nasional regional bahkan internasional bahkan di mulai di Asian Games 2018 Jakarta Palembang”.

“Sangat pas kalau Indihome ini bisa digunakan oleh komunitas gamer, atau masyarakat yang hobinya main game. Makanya kita membuat Program Lead by Indihome untuk mendukung kegiatan mereka,” ujar Yoga.

Sosialiasi yang dikemas dalam Roadshow Lad dan Tournament League of Legend (LOL) Wild Rift tersebut, dihadiri oleh GM Witel Balikpapan Yoga Istanto, Sekertaris Umum ESI Balikpapan Muhammad Irfan, Sekertaris Umum ESI Kalimantan Timur Hasbi Muhammad, Jajaran Lead by IndiHome, serta berbagai perwakilan dari beberapa komunitas gamer di Balikpapan.

Tahapan perekrutan peserta Lead by IndiHome sedang berlangsung sejak tanggal 10 September-22 Oktober 2021. Seluruh masyarakat Indonesia berkesempatan menjadi atlet eSport professional yang langsung dibina oleh para coach professional dari LEAD by IndiHome.

Baca Juga :   Menuju Porprov Berau, Ketua DPRD Balikpapan Janjikan Tambahan Anggaran Untuk KONI

“Cara mendaftar sebagai peserta cukup masuk ke laman https://indihome.co.id/leadacademy,” ujarnya.

Setelah mendaftar, peserta akan mengikuti rangkaian kegiatan pemilihan atlet eSport mulai dari fase kualifikasi, fase pengembangan, dan fase graduation (kelulusan). Pada fase kualifikasi peserta yang mendaftar akan diseleksi dalam turnamen hingga terpilih 8 tim terbaik atau sebanyak 40 orang calon atlet eSport.

“Jika sudah terpilih 8 tim terbaik maka fase berikutnya adalah pada fase pengembangan 1 peserta mendapatkan training basic,” tambah Dyah.

Pada akhir Fase 1 akan diadakan ujian yang membuat 14 orang terpilih melaju ke Fase Pengembangan 2. Pada Fase 2, 14 orang peserta yang tersisa akan mendapat training advance. Peserta yang tersisa ini yang akan dilatih sampai ke fase kelulusan. Di fase ke-3 ini, 14 player terbaik akademi secara resmi lulus dari akademi, dibagi ke dalam 2 tim untuk berpartisipasi dalam showcase performa di turnamen invitational pada tanggal 16 Januari 2022.

Benefit utama untuk player yang mengikuti Lead by IndiHome adalah program pelatihan untuk menjadi player eSport bermental atlet. Selain itu, Lead by IndiHome juga membuka peluang bagi atlet eSport binaannya untuk menjadi bagian dari tim atau club eSport lintas negara dengan mengirim profil lulusan ke tim-tim dalam dan luar negeri. (hmi)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *