Kukar Sabet Juara Harapan Dua di Festival Pangan Lokal Kaltim

Kutai Kartanegara- Festival pangan lokal tingkat Provinsi Kalimatan Timur (Kaltim) tahun 2021 dilaksanakan di Kantor TP PKK Kaltim di jalan Muhammad Yamin, Kota Samarinda pada Kamis (21/10).

Kabupaten Kukar yang mengirim perwakilannya berhasil menjadi juara harapan dua dalam kategori inovatif, yakni Tim Penggerak Pemberdayaan Keluarga Sejahtera (PKK) Loa Duri Ilir, Kecamatan Loa Janan.

Wakil Ketua TP PKK Kukar, Fety Puja Amelia mengapresiasi hal ini meskipun tidak menjadi juara pertama. Menurutnya, dua perwakilan telah menampilkan kreasi pangan lokal yang inovatif terbuat dari singkong. Makanan pengganti beras tersebut dinilai masih akan terus dikembangkan.

“Selamat dan terima kasih kepada teman-teman yang mewakili Kukar karena telah membanggakan Kukar,” kata Istri Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin ini.

Baca Juga :   KPU memastikan tidak ada KTP ganda

Fety menambahkan, Gubernur Kaltim berpesan, agar mengurangi konsumsi nasi, kalau bisa diganti dengan olahan singkong dan talas agar menjadi kebutuhan pokok saat ini.

Sementara Ketua Pokja 3, Yuli Ningsih menambahkan, produk olahan yang diikuti sertakan berasal dari tanaman perkarangan rumah sendiri. Seperti singkong, pepaya, tahu, daun beluntas dan ikan. Kemudian diolah menjadi nasi singkong lapis, pundut nila, tahu cantik daun labu, sayur urap, pupya mag dan sambal kecombrag.

“Kebetulan kami punya tanaman sendiri, jadi itulah yang kami ikutkan lomba pangan non beras dari provinsi,” tutup Yuli. (adv/wi)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *