MTQ Ke – 42 Resmi Dibuka Di Muara Badak

Kutai Kartanegara – Meski sempat diguyur hujan, pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran ke-42 Tingkat Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) di Kecamatan Muara Badak berjalan lancar, ditandai penekanan tombol sirine oleh Bupati Kukar Edi Damansyah dan Wakil Bupati Kukar H Rendi Solihin di Lapangan Gas Alam, Muara Badak. Sabtu (29/10)

Kehadiran MTQ merupakan kegiatan yang telah mentradisi dan melekat dalam kultur budaya yang senantiasa memiliki daya tarik dan ruang tersendiri dalam kehidupan masyarakat. Selain menjadi media dakwah dan syiar keagamaan yang efektif, juga secara nyata telah terbukti mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam memacu percepatan pembangunan di daerah.

“Saya berharap pelaksanaan MTQ ini diharapkan sebagai ajang dalam seleksi Tilawatil Quran Tingkat Provinsi Kalimantan Timur tahun 2022 nantinya, sembari berdoa, semoga kafilah kita bisa sampai ketingkat Nasional,” kata Bupati Kukar Edi Damansyah menyemangati yang langsung disambut meriah.

Baca Juga :   Samboja Barat dan Kota Bangun Darat Sudah Lewati Tahapan Pembentukan dan Penetapan

Bupati Kukar Edi Damansyah juga menyampaikan penghargaan dan apresiasi masyarakat dan semua pihak yang telah berpartisipasi aktif, sehingga terselenggaranya MTQ Tingkat Kabupaten ke-42 Tahun 2021.

“Ini salah satu bagian dari upaya peningkatan pembinaan sumber daya manusia yang telah menjadi agenda tetap Pemerintah. Saya yakin jika kita bersatu dapat mengantarkan Kabupaten Kutai Kartanegara menjadi lebih maju dalam segala aspek pembangunan termasuk diantaranya dalam hal pembinaan seni baca Al-Qur’an,” ujarnya.

Menurut Bupati Edi Damansyah, hal tersebut juga sejalan dengan cita-cita pemerintah daerah yang terus berupaya untuk menjadikan masyarakat Kutai Kartanegara yang Inovatif Berdaya Saing dan Mandiri dengan menjadikan masyarakat hidup sejahtera dan bahagia (Kukar Idaman) dibawah naungan Al-Qur’an.

Baca Juga :   Kepala Kesbangpol Hadiri Pelantikan HMI Kukar

“Upaya nyata tersebut telah dituangkan dalam Peraturan Daerah (Perda) Tentang Gerakan Etam Mengaji (GEMA), sebagai payung hukum yang jelas terhadap program yang telah dan akan berjalan antara lain, satu desa satu hafidz Al-Quran, Dai Masuk Desa, Safari Subuh, serta Sertfikasi Guru TPA/TKA,” katanya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Bupati Edi Damansyah mengucapkan selamat para pimpinan Kafilah dan peserta MTQ.

“Saya ucapkan selamat bermusabaqah, berikan tampilan yang terbaik, sehingga anda semua menjadi pemenangnya,” katanya.

Bupati Edi Damansyah juga berpesan kepada para dewan hakim, agar menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya dan profesional.

“Saya minta para dewan hakim agar menjalankan tugas dengan benar dan sungguh-sungguh, berikan penilaian seobyektif mungkin, jangan ada subyektifitas. Hasil kejuaraan MTQ ke-42 ini akan menjadi peserta MTQ ke-43 Tingkat Provinsi Kaltim tahun 2022 di Kota Samarinda” kata Bupati.

Baca Juga :   Uji Konsekuensi Digelar Bagi 2 OPD Kukar

“Tidak berlebihan tentunya, saya berharap dan berdoa agar kafilah MTQ Kabupaten Kutai Kartanegara bisa tampil yang terbaik dan menjadi Juara Umum yang kelima kalinya, dengan hastag#2022KUKARLIMA,” tambah Bupati Edi Damansyah mengakhiri, disambut meriah para pafilah dan undangan, baik yang hadir langsung maupun secara live via zoom dan live streaming. (adv/wi)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *