Antisipasi Maraknya Peredaran Narkoba, Pemkab Bentuk Desa Bersinar

Kutai Kartanegara – 11 Desa telah ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) sebagai desa Bersih Narkoba (Bersinar). Hal ini merupakan program Bandan Narkotika Nasional (BNN) Kalimantan Timur (Kaltim) Diantaranya, Desa Bangun Rejo, Kecamatan Tenggarong Seberang dan Desa Loa Duri Ilir, Kecamatan Loa Janan yang telah ditunjuk. Sementara Desa Bangun Rejo, Tenggarong Seberang sebagai pilot project. Kemudian Desa Sumber sari dan Loa Duri Ilir dijdikan untuk percontohan desa Bersinar.

“Dua desa yang dijadikan role model atau percontohan desa Bersinar, yakni desa Sumber Sari, Kecamatan Sebulu dan Loa Duri ilir, Loa Janan,” ujar Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, juga selaku Sekretaris Badan Narkotika Kabupaten Kukar, Rinda Desianti.

Baca Juga :   Pastikan Pendistribusian Vaksin, Bupati Kukar Tinjau Langsung Kegiatan Vaksinasi

Rinda menambahkan Desa lainnnya yang masuk dalam kreteria yakni, Desa Tuana Tuha, Kecamatan Kenohan dan Desa Genting Tanah, Kecamatan Kembang Janggut. Kemudian ada juga beberapa desa lainnya yang berada di Kecamatan Anggana, Samboja, Muara Badak, dan Marang Kayu.

“Kedepan kami berharap desa Bersinar ini bisa diikuti oleh 194 desa dan 44 kelurahan di Kukar,” ungkapnya.

Rencananya, pada tahun 2022 pihaknya akan bekerjasama dengan organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan para kaum Wanita, salah satunya Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Yang diharapkan bisa membantu untuk mensosialisasikan serta memberikan edukasi terkait bahaya narkoba.

“Kita akan libatkan, paling tidak menjadi kader dalam menyampaikan edukasi bahaya narkoba dan juga pendidikan politik perempuan di desa maupun kelurahan,” pungkas Rinda Desianti. (adv/wi)

Baca Juga :   Terpilih Secara Aklamasi, Alwi Al Qodri Resmi Nahkodai PBSI Balikpapan Periode 2022-2026

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *