Musrenbang Desa Bukit Raya Digelar

Lingkarkota.com, KUKAR – Desa Bukit Raya Kecamatan Samboja menggelar Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan Desa (Musrembangdes) di aula kantor desa Jalan Wijaya Kusuma, Bukit Raya Kecamatan Samboja Kutai Kartanegara Pada Rabu (03/11).

Acara ini dihadiri oleh Perwakilan Kepala Seksi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kutai Kartanegara Purnomo, ada pula dua Anggota DPRD Kukar Dapil IV Farida dan Budiman, kemudian turut diikuti oleh Camat Samboja, Burhanudin Selaku Camat Samboja.
Kepala Seksi Kesejahteraan (Kasikesra) Desa Bukit Raya Oktayusman Gunawan menerangkan Bahwa kegiatan ini merupakan susunan Rencana Kerja Pemerintah Bukit Raya yang bergulir hingga tahun 2024.

“Acara ini adalah hasil Akhir dari yang pernah kita laksanakan diantaranya mulai dari musyawarah tingkat RT, kemudian Musdes yang diadakan oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD), lalu dari hasil Musdes ini , Desa membentuk Tim Rencana Kerja Pemerintah RKP,” ungkapnya.
Dirinya menambahkan, hasil dari pertemuan tersebut bakal menjadi suatu rancangan kinerja pemerintah desa yang akan datang.

Baca Juga :   Polresta Balikpapan Berhasil Musnahkan Narkotika Jenis Sabu-Sabu Seberat 3,1 Kg

“Tujuan kami menyelenggarakan acara ini ialah melakukan musyawarah untuk merumuskan gagasan-gagasan dari setiap RT yang sudah dirangkum oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) kemudian dijadikan suatu perencanaan ditahun 2022,” ucap Okta sapaan akrabnya.

Ia berharap segala rancangan pengembangan desa dan pembentukan staf pengurus berjalan dengan baik, oleh karena itu Badan Pengurus Desa berupaya untuk mengelelola sumber daya masyarakat dengan mengadakan pelatihan yang diklasifikasikan sesuai dengan potensi bidang yang ada, seperti pertanian, peternakan, kepemudaan serta Program Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

“Kedepannya yang kita inginkan sesuai dengan apa yang menjadi visi pak Kades terkait pengelolaan pemerintah desa yang diharapkan berjalan dengan baik, mengenai perencanaan, kepemudaan, serta pemberdayaan segala bidang seperti pertanian dan peternakan, untuk itu kita berusaha mengembangkan pelatihan-pelatihan khusus seperti program Sekolah Sepak Bola (SSB) di bidang olahraga kemudian kita juga membentuk program PKK yang nantinya para wanita akan dilatih untuk pembelajaran tata merias,” jelasnya.

Baca Juga :   Masa Kerja Pansus Kembali Diperpanjang, Hal Ini Guna Penyusunan Rencana Kerja dan Penyelamat Aset

Pemdes akan berupaya semaksimal mungkin demi membangun sektor perekonomian desa melalui bidang pertanian dan perternakan.

“Dengan adanya sektor pertanian dan perternakan, kita juga berusaha membangun perekonomian khususnya di Desa Bukit Raya ini agar lebih maju,” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama Farida mengatakan bahwa dengan adanya Musrembangdes ini merupakan jalan silaturami antara pemerintah dengan masyarakat, oleh karena itu pihaknya telah mendengar segala bentuk aspirasi dan pokok pikiran yang direalisasikan untuk disampaikan ke Pihak Kabupaten.

” Saya menanggapi bahwa dengan adanya ini kita bisa mempererat silaturahmi antara anggota DPR dengan Masyarakat, kami sebagai jembatan untuk merealisasikan segala pokok pikiran yang ada di masyarakat untuk kita sampaikan ke pemerintah” Tutup Farida. (Adv/Era)

Baca Juga :   Gelar Rapat Paripurna Ke-46, APBD Balikpapan Tahun 2022 mencapai Rp 2,4 Triliun

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *