Samboja Barat dan Kota Bangun Darat Sudah Lewati Tahapan Pembentukan dan Penetapan

Kutai Kartanegara – Progres pembentkan Kota Bangun Darat dan Samboja Barat telah masuk dalam tahap akhir sebelum ditetapkannya perangkat pejabat struktural.

Hal itu dijelaskan oleh Asisten I Sekretariat Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Achmad Taufik Hidayat, yang akan melaporkan ke Bupati persoalan kelengkapan berkas yang melibatkan kolaborasi antara Pemerintah dan DPRD.

“Arahan beliau memang harus dilengkapi baik di legislatif dan eksekutif, khusus eksekutif kaitannya dengan pengisian. Sedangkan untuk legislatif ada regulasi yang memang harus mendukung penempatan pengisian pelaksanaannya,” kata Taufik.

Jumlah kecamatan di Kabupaten Kukar bertambah dua, awalnya hanya 18 sekarang jadi 20 kecamatan. Dua kecamatan baru merupakan pemekaran dari Kecamatan Samboja dan Kota Bangun yaitu Samboja Barat dan Kota Bangun Darat.

Baca Juga :   Balikpapan Kembali Perpanjang PPKM, Hal Ini Mengacu Pada Imendagri 58 Tahun 2021

Pembentukkan dua Daerah Otonomi Baru (DOB) yang akan dibentuk ini ada tiga tahapan yang dilewati , yang pertama adalah pembentukan, kedua penetapan dan terakhir adalah pelaksanaan.

“Kami sudah ditahap akhir tapi khusus untuk regulasinya ada di bagian legislatif yang sama-sama berproses. Kami punya perda yang berkaitan dengan urusan OPD yang nantinya memasukkan dua kecamatan baru disitu, jadi ada penambahan draft di Perda itu dan ini masih berproses semuanya,” pungkasnya. (adv/wi)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *