Perhelatan MTQ Ke – 42 Muara Badak Telah Usai, Kafilah Tenggarong Sabet Juara Umum

Kutai Kartanegara – Perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-42 tingkat Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) tahun 2021 telah usai, Kafilah Tenggarong keluar sebagai juara umum, disusul Muara Bada dan Loa Janan.

Bupati Kukar, Edi Damansyah langsung menyerahkan piala bergilir kepada Camat Tenggarong, Arfan Boma, di lapangan Mutiara Kecamatan Muara Badak, Rabu (3/11) malam.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, khususnya panitia pelaksana
yang telah melaksanakan kegiatan tersebut dengan baik,” kata Bupati Edi dalam sambutannya.

Menurutnya, penilaian tersebut merupakan hasil dari dirinya bertemu dan berbincang-bincang dengan para kafilah dari kecamatan yang mengikuti kegiatan, dimana para Khalifah menyampaikan bahwa sangat senang dengan pelayanan yang diberikan oleh pihak panitia pelaksana.

Baca Juga :   Vaksinasi Pelajar Mencapai 94 Persen, Wali Kota Berharap SMA Segera Menggelar PTM

“Saat saya baru sampai tadi di Muara Badak dan berjumpa dengan beberapa para kafilah, mereka menyampaikan bagus pak panitianya, pemondokannya bagus, warga Muara Badak katanya ramah-ramah,” ucap Edi Damansyah menirukan percakapannya saat bertemu para kafilah.

Lebih lanjut, berkaitan dengan hasil capaian para kafilah pada ajang MTQ ini, dirinya meminta agar menjadi dasar sebagai bahan evaluasi MTQ tingkat kabupaten, tingkat kecamatan hingga tingkat desa dan kelurahan.

Kemudian, berkaitan dengan rendahnya peminat dari beberapa kategori lomba yang diperlombakan pada ajang kegiatan MTQ tersebut, dirinya meminta agar hal tersebut menjadi atensi khusus dari pihak LPTQ Kukar kedepannya.

“Ada beberapa cabang lomba yang semestinya harus ada pesertanya yang mengikuti dari seluruh kecamatan, namun nyatanya tidak ada pesertanya tapi kami maklum pelaksanaan MTQ ditengah pandemi ini ada batasan-batasan lombanya, nantinya saya ingin ini menjadi atensi khusus pada pelaksanaan MTQ kedepannya,” ucap Edi Damansyah.

Baca Juga :   KPU Balikpapan Akan Libatkan Perguruan Tinggi Dalam rekrutmen KPPS

Sementara itu, berkaitan dengan tagline #2022KukarLima yang digaungkannya pada pembukaan MTQ beberapa waktu lalu, dirinya berharap para kafilah yang nantinya akan dipersiapkan untuk mengikuti pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi ke-43 yang akan dilaksanakan di Kota Samarinda bisa mewujudkan mimpinya mempertahankan juara umum untuk kelima kalinya berturut-turut bagi Kabupaten Kukar.

Edi mengucapkan terima kasih atas pembinaan yang dilakukan pihak kecamatan hingga desa selama ini, dirinya berharap pembinaan yang berorientasi pada inovasi dan rencana strategis pembinaan serta pemuktahiran data dapat terus dilakukan update agar pembinaan dapat dilakukan secara sistematis, terstruktur dan terukur.

“Terus lakukan inovasi dan sinergitas dengan seluruh pemangku kepentingan di wilayah masing-masing, susun rencana strategis pembinaan serta pemuktahiran data agar pembinaan dapat dilakukan secara sistematis, terstruktur dan terukur yang dilakukan sejak usia dini, berjenjang dan berkelanjutan, dimana kunci cuma dua yaitu pembinaan dan pengembangan, terus lakukan itu,” ucap Edi Damansyah. (adv/wi)

Baca Juga :   BUMDes Digenjot Agar Gali Potensi Perekonomian

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *