Wabup Rendi Solihin Akan Bangun Kantor BNK dan Pusat Rehabilitasi

Kutai Kartanegara – Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) sekaligus Kepala Badan Narkotika Kabupaten (BNK), Rendi Solihin mengatakan Pemkab berencana akan membangun kantor BNK dan pusat rehabilitasi sendiri.

Beberapa stakeholder pun sudah dilibatkan dalam pembahasan penentuan titik lokasi yang tepat. Saat ini di Kalimantan Timur hanya memiliki dua kantor, yakni di Kota Samarinda dan Balikpapan.

“Ada regulasi baru, setelah dari BNK itu akan diusulkan untuk menjadi BNN di kabupaten,” kata Rendi.

Kedepan, tentu akan menjadi pilot projek untuk kabupaten lain di Kaltim, paling tidak pertama memiliki gedung BNK yang akan diusulkan menjadi BNN di Kukar.

Diperkirakan APBD murni tahun 2022 mendatang akan ada perencanaan untuk design bentuk kantor dan pusat rehabilitasi. Rencana lokasinya berada di RSUD Aji Muhammad Parikesit yang lama yakni berada jalan Imam Bonjol, Kecamatan Tenggarong.

Baca Juga :   Teradministrasi Menjaga Aset, Pansus Aset Apresiasi Kecamatan Balikpapan Kota

“Karena mungkin banyak sekali orangtua-orangtua di Kukar yang butuh anaknya atau keluarganya di rehabilitasi secara gratis, jadi akan diperuntukkan untuk masyarakat Kukar,” tuturnya.

Sebelumnya pada Pemerintahan periode 2016-2021 kata Rendi, sudah diagendakan rencana ini namun sampai detik ini pun belum terealisasi. Tahun 2020, sempat masuk ageda perencanaannya namun di recofusing anggarannya sehingga gagal terealisasi.

“Setelah kami dilantik, tugasnya saat ini bagaimana mengupayakan supaya itu terlaksana di Kukar, Ada dua desa di Kecamatan Tenggarong Seberang yang ditunjukkan dalam program desa bersinar karena dianggap rentan terhadap penyalahgunaan narkoba. Walaupun sebenarnya wilayah rentan narkoba di Kukar itu sudah banyak dan statusnya berbahaya,” pungkasnya. (adv/wi)

Baca Juga :   Pemdes Loa Pari Kukar Bersama Binda Kaltim Serbu 750 Dosis Vaksin Pfizer

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *