Pemkab Gelar Upacara Peringati Hari Pahlawan Nasional

Kutai Kartanegaa –Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rendi Solihin memimpin jalannya upacara dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Nasional ke – 76 di halaman Kantor Bupati pada Rabu (10/11).

Sebagai inspektur upacara, Rendi memaknai pahlawan saat ini bukan lagi berperang sejata secara fisik, melainkan harus terus berkreasi untuk menciptakan suatu karya demi kemajuan Kutai Kartanegara.

“Untuk kali ini kita tidak perlu berdarah-darah, cukup berfikir dan berkeringat saja untuk member manfaat bagi daerah kita ini,” kata Rendi.

Rendi menambahkan hari ini merupakan momen yang bersejarah bagi Kukar, dimana Presiden Joko Widodo telah menetapkan Sultan Aji Muhammad Idris ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional.

Baca Juga :   Alwi meminta Dinas PU memperjelas mekanisme pembayaran lahan stadion

“Kami bangga sekali bahwa perjuangan beliau selama ini akhirnya diteapkan menjadi pahlawan, ini menunjukkan bahwa Kutai Kartanegara kaya akan etnic,” jelasnya.

Sultan Aji Muhammad Idris merupakan Raja Kutai Kartanegara Ing Martadipura yang memimpin perlawanan terhadap VOC. Pada tahun 1736, ia mengirim ratusan pasukan untuk membantu Kerajaan Wajo dalam melawan penjajah. (adv/wi)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *