Peringati HKN Ke-57, Pemkot Serahkan 2 Unit Mobil Ambulan Dan 1 Unit Mobil Operasional Penanganan Covid 19

Balikpapan- Pemerintan Kota Balikpapan melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Balikpapan menggelar peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57.

Upacara peringatan HKN itu dipimpin oleh Wali kota Balikpapan Rahmad Mas’ud bertempar di halaman Pemerintah Kota Balikpapan, dengan tema “Sehat Negaraku Tumbuh Indonesiaku”.

Rahmad menyampaikan, kasus aktif covid 19 berada di bawah 50 kasus dengan tingkat keterisian tempat tidur pasien covid 19 di seluruh rumah sakit Balikpapan tinggal 1,3 persen. Begitu juga dengan fasilitas isolasi terpadu yang sudah disiapkan seluruhnya telah kosong, namun hanya tinggal dua pasien yakni di Hotel Gran Tiga Mustika.

“Terkait vaksinasi, kita sudah memcapai 91,75 persen untuk dosis pertama dan 67,62 persen untuk dosis kedua. Harapan kita mudah-mudahan kehidupan normal akan bisa kita jalani seperti biasa dengan mensukseskan vaksinasi di kota Balikpapan,” kata Rahmad.

Baca Juga :   Ramadhan Kreatif BDI SKK Kalsul Salurkan 1050 Takjil

Dirinya juga memberikan apresiasi kepada tenaga kesehatan (Nakes) sebagai ujung tombak di masyarakat, yang selama ini telah berupaya dalam menangani pandemi covid-19 di kota Balikpapan.

“Apresiasi ini termasuk 9 orang rekan kita para nakes yang telah gugur saat menjalankan tugas, mudah-mudahan kinerja dan dedikasinya yang penuh dengan risiko ini menjadi amal ibadah,” terangnya kepada wartawan Jum’at (12/11) disela kegiatan.

Adapun kegiatan selanjutnya yakni penyerahan bantuan dari Pemkot Balikpapan kepada DKK Balikpapan berupa dua unit mobil ambulan PSC 119 dan 1 unit mobil operasional penanganan Covid-19.

“Adapula yang lansia yang tempatnya jauh, itu kami akan datang nanti door to door. Nanti didatangi kemudian dijemput, jadi nanti dari lurah mendata yang jauh, terutama di daerah perbatasan kota balikpapan atau yang lansia yang gak bisa menunggu, yah nanti kita akan datangin, kita akan jemput bola supaya bisa 100 persen,” bebernya.

Baca Juga :   Tahapan Seleksi Wawancara JPTP Berlangsung 5 Hari

Selain itu, pihaknya juga akan meresmikan laboratorium kesehatan daerah (Labkesda) kota Balikpapan yang dilengkapi dengan perangkat tes PCR dan diharapkan mampu mengakselerasi penanganan pasien suspek covid 19.

“Kami berharap, dengan adanya lab ini berarti Kota Balikpapan sudah ada 13 lab yang dilengkapi dengan alat tes PCR atau yang mempunyai lab terbanyak di Provinsi Kaltim,” harapnya.

Dalam momentum HKN ini, Pemkot Balikpapan juga mengajak seluruh masyarakat Kota Balikpapan agar lebih peduli terhadap pentingnya kesehatan. Karena hal ini sebagai modal yang menunjang produktivitas, kemudian berupaya memperkaya informasi dan wawasan seputar kesehatan seiring dengan perubahan zaman.

“Saya juga mengingatkan kita semua untuk waspada dan tetap mematuhi prokes, khususnya menjelang momentum liburan akhir tahun dan tahun baru. Hal ini guna mencegah terjadinya gelombang ketiga penularan covid 19 di kota Balikpapan,” pungkasnya.

Baca Juga :   21 Desa di Kukar Disasar Untuk Pencegahan Stunting di Tingkat Paud

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *