Bapemperda Siapkan Perda Tahun 2022 Tentang BUMD Di Bidang Pasar

Balikpapan- Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) menggelar finalisasi kesepakatan internal dengan bagian Hukum pada Senin (15/11) siang tadi tepatnya di gedung DPRD Kota Balikpapan.

Wakil Bapemperda Syukri Wahid menyampaikan, bahwa dalam minggu depan akan terjadi Memorandum of Understanding (MoU) antara Kepala Daerah dengan pimpinan DPRD terkait dengan target program pembuatan Peraturan Daerah (Perda) tahun 2022.

“Kemungkinan besar itu akan kita usulkan disekitar 21 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) baik yang bentuknya baru atau revisi. Adapun inisiatif dari DPRD Balikpapan itu kurang lebih 8 jenis Raperda selebihnya itu dari pemkot,” kata Syukri.

Selain itu, pihaknya juga sudah merencanakan program prioritas untuk tahun depan seperti yang menarik adalah menyiapkan perda tentang Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Baca Juga :   Pengusaha Truk Mengadu Ke Pemprov Kaltim, Keluhkan Antrian Panjang Solar Subsidi

BUMD tersebut termasuk baru di bidang pasar. Sebenarnya selama ini sudah ada, namun kekurangan Perda tersebut yaitu tidak melampirkan penyitaan modal dan organ lembaganya.

“Insya allah kita bersama-sama, tahun depan bisa diproyeksikan akan terbentuk satu BUMD baru di pemerintah kota Balikpapan selaras dengan program prioritas dari pemerintah kota,” terangnya kepada lingkarkota.com Senin (15/11) sore tadi.

Adapun berikutnya, yang mana sifatnya meluncur seperti Perda transportasi, kemudian pengelolaan keuangan daerah, dan beberapa perda yang menjadi prioritas kita seperti Izin Membuka Tanah Negara (IMTN).

“Nah, hal inilah yang menjadi evaluasi kita selama 12 tahun berjalan. Jadi banyak sekali masukan-masukan terkait dengan Perda ini,” pungkas Syukri.

Baca Juga :   Musrenbang Desa Bukit Raya Digelar

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *