Gelar Mucab IDI, Wali Kota Balikpapan Himbau Warga Untuk Terus Tingkatkan Kesehatan

Balikpapan – Musyawarah Cabang (Muscab) Balikpapan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) kembali digelar. Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan berharap agar IDI untuk lebih aktif mengedukasi masyarakat dalam pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud menyampaikan, walaupun Balikpapan kini sudah menjalankan program BPJS Kelas III gratis, namun masyarakat masih perlu terus diingatkan untuk menjaga kesehatan.

“Tidak ada yang ingin sakit, tapi sering tidak kita sadari akibat pola dan gaya hidup tidak sehat sehingga dapat menimbulkan penyakit yang tidak diduga,” kata Rahmad Mas’ud

Menurut Rahmad, kondisi saat ini juga sudah semakin membaik, ditambah lagi dengan status Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Balikpapan kini sudah turun ke level 1.

Baca Juga :   DPRD Kota Balikpapan Gelar Rapat Pansus, H. Haris Minta BPKAD Segera Selesaikan Fasum dan Fasos

“Tantangan kita dalam sektor kesehatan kedepannya pasti akan semakin berat. Apalagi Kaltim akan menjadi daerah yang akan masuk dalam ekosistem Ibu Kota Negara (IKN), maka pastinya Balikpapan akan menghadapi sejumlah persoalan,” terangnya kepada wartawan Minggu (12/12) kemarin.

Dirinya menjelaskan, persoalan yang akan dihadapi salah satunya yaitu, dengan bertambahnya jumlah penduduk sehingga harus diimbangi dengan pelayanan kesehatan.

“Hal ini sangat diharapkan dapat mendorong kapasitas dan kualitas kita dalam berupaya untuk meningkatkan pelayanan,” jelasnya.

Selain itu, dirinya berharap Sumber Daya Manusia (SDM) untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas kesehatannya. Sebab hal ini sudah menjadi harapan bahwa fasilitas kesehatan dapat terus ditingkatkan.

“Jadi, pasien tidak perlu jauh-jauh untuk di rujuk ke daerah lain atau ke luar negeri guna mendapatkan pengobatan dan perawatan yang paripurna,” bebernya.

Baca Juga :   Sambut IKN, DPRD Balikpapan Minta Pemkot Tingkatkan Sertifikasi Pekerja Lokal

Disamping itu, dalam Muscab tersebut yang berlangsung di Aula Pemkot Balikpapan, Dr. Natsir Akil terpilih untuk menahkodai IDI Balikpapan Periode 2021-2024.

Hal tersebut, sebagai wujud kesinambungan organisasi agar terbentuk kepengurusan yang baru guna merancang ide dan program kerja strategis yang akan semakin memantapkan kiprah IDI serta meningkatkan peran profesi dokter dalam pembangunan.

“Atas nama masyarakat Balikpapan, saya ucapkan terimakasih kepada para dokter dan tenaga kesehatan, atas pengabdiannya selama ini yang juga ikut melaksanakan pembangunan di sektor kesehatan. Khususnya di masa pandemi covid-19,” pungkasnya.

 

Penulis : Bayu Andalas Putra

Editor : Muhammad Irfan

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *