Cegah Kebakaran Sekolah, Disdikbud Gelar Rakor Dengan Kepala Sekolah Se-Balikpapan

Balikpapan – Kebakaran SDN 004 Gunung Tembak Kelurahan Teritip, Balikpapan Timur, pada Sabtu (25/12) silam merusak sejumlah bangunan sekolah. Diantaranya, ruang kepala sekolah, kemudian ruang tata usaha, ruang guru dan juga pojok perpustakaan.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Balikpapan, Muhaimin mengatakan, pihaknya langsung menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Kepala Sekolah SD dan SMP se-Kota Balikpapan.

“Kita akan koordinasi dengan pihak PLN untuk dilakukan pengecekan terhadap instalasi listrik. Nah, di pertemuan itu kita juga akan ingatkan pihak sekolah untuk mengecek terlebih dahulu sebelum meninggalkan sekolah,” kata Muhaimin.

Selain itu, dirinya juga meminta terkait kerugian akibat kebakaran tersebut dapat segera diakumulasi kerusakannya. Sebab, hal itu nantinya dapat diperbaiki melalui pengajuan Dana Tak Terduga (DTT) ke Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan.

Baca Juga :   Tak Berikan Izin Keramaian Saat Tahun Baru, Zulkifli Sebut Tutup Jalan Khusus Ke Alun-Alun

“Sementara laporannya masih belum dibuat. Tapi jika dari analisa, bangunannya itu akan menghabiskan sekitar 900 sampai dengan 1 miliar,” terangnya kepada wartawan Selasa (28/12) siang tadi.

Ia menilai peristiwa kebakaran tersebut diduga akibat adanya korsleting listrik. Ditambah lagi dengan usia sekolah telah berumur lama dan belum mendapat perhatian pemeliharaan dari Pemkot Balikpapan.

“Anggarannya bisa diambil melaui BOSS, jadi tinggal kita minta di tahun 2022. Nanti seluruh sekolah mengalokasikan anggaran untuk pemeliharaan dan pengecekan instalasi listrik terutama sekolah-sekolah yang sudah lama,” pungkasnya.

Penulis : Batu Andalas Putra

Editor : Muhammad Irfan

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *