Kaleidoskop Tahun 2021 Pemkab Kutai Kartanegara

TAHUN 2021 akan segera berakhir. Tentu selama satu tahun banyak momen atau kegiatan berkesan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara.

Apalagi diawal tahun 2021, pandemi Covid-19 masih mewabah di Negara Indonesia termasuk di Kabupaten Kukar.

Tentu Pemkab Kukar harus menyiapkan langkah dan strategi untuk menghadapi Pandemi Covid-19.

Berikut beberapa kegiatan Pemkab Bangkalan sepanjang tahun 2020:

1. Terbaik I, Kukar Raih 8 Panji Keberhasilan Pembangunan Daerah

Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) berhasil membawa pulang 8 Panji, 24 Tropy dan 24 Piagam Penghargaan Keberhasilan Pembangunan pada Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) ke-64 Tahun 2021, di Halaman Kantor Gubernur Kaltim, Samarinda, awal tahun 2021.

Panji tersebut diserahkan oleh Gubernur Kaltim Isran Noor kepada Wakil Bupati Kukar H Chairil Anwar, bersama Bupati/Walikota Penerima Penghargaan lainnya.

Adapun 8 panji keberhasilan pembangunan yang diperoleh Kukar yaitu, Bidang Pembangunan Tanaman Pangan, Bidang Pembangunan Hortikultura, Bidang Penyelenggaraan Penataan Ruang, Bidang Tata Kelola Kearsipan, Bidang Pemberdayaan dan Perlindungan Anak Kategori Kabupaten, Bidang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kategori Kabupaten, Bidang Pengelolaan Keuangan Daerah, Bidang Peningkatan Pelayanan Publik Kategori Kabupaten.

Usai menyerahkan panji dan piagam penghargaan, Gubernur Kaltim Isran Noor dalam amanatnya mengingatkan agar selalu menjaga kesehatan diri, lingkungan dan masyarakat serta patuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Wakil Bupati Kukar Chairil Anwar mengakui bahwa posisi raihan panji keberhasilan pembangunan belum beranjak dari posisi dibawah Berau dan Balikpapan. Akan tetapi menurut Chairil usaha semua OPD (Organisasi Perangkat Daerah) sudah maksimal dan perlu ditingkatkan lagi.

2. Edi-Rendi Pimpin Kukar

Edi Damansyah dan H Rendi Solihin resmi menjadi Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), setelah  di ambil sumpah jabatannya oleh Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor atas nama Mendagri Tito Karnavian,  secara vurtual di Ruang Serba Guna Kantor Bupati, sejak 26 Februari 2021.

Usai dilantik Edi Damansyah mengatakan dirinya dan Rendi akan berkomitmen mewakafkan waktu dan diri mereka untuk melayani masyarakat Kukar, serta bekerja sama mewujudkan warga Kukar yang bahagia melalui 23 program yang telah mereka sampaikan saat kampanye pilkada lalu.

Pelantikan Edi Damansyah dan H Rendi Solihin digelar dengan menerapkan ProtokolKesehatan,  di hadiri undangan yang terabatas jumlahnya. Diantara yang hadir adalah Sultan Kutai Kartanegara Ing Maryadipura HAM Arifin,  dan seluruh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kukar.

3. Bupati-Wabup Panen Raya Padi Varietas Mayang di Muara Jawa

Bupati  Kutai Kartanegara Edi Damansyah dan Wakil Bupati Rendi Solihin melakukan Panen Raya Padi Varietas Mayang di Kelompok Tani Papadaan Semoga Jaya Kelurahan Teluk Dalam Kecamatan Muara Jawa dengan luasan panen sekitar 112 hektare, pertenahan Maret 2021.

Bupati Kukar Edi Damansyah mengucapkan terima kasih atas eksistensi para petani khususnya di kecamatan Muara Jawa yang telah mengembangkan dan menekuni profesi bercocoktanam sehingga dapat menjadi pemasukan bagi.

Menurutnya, salah satu program ungguan Kukar Idaman yaitu pada sektor pertanian dalam arti luas, yakni pembangunan pertanian yang berbasis kawasan.

Pemkab Kukar segera menjalankan program sesuai dengan visi dan misi Kukar Idaman (Inovatif, Berdayasaing dan Mandiri).

Untuk itu, dengan segala potensi yang dimiliki Kutai Kartanegara, Pemkab Kukar siap berkolaborasi, bersinergi baik dengan pemerintah Desa dan Kecamatan, juga berkolaborasi dengan akademisi, dunia usaha, stakeholder dan seluruh masyarakat Kukar.

4. Kukar Asia Wonders dan Program Kukar Kaya Festival Resmi di luncurkan

Kabupaten Kutai Kartanegara Kukar (Kukar) resmi mencanangkan Kukar Asia wonders sebagai slogan baru dalam rangka mempromosikan potensi pariwisata nya/

pencanangan Kukar Asia wonders, bersama peluncuran program Kukar kaya festival dilakukan di sela-sela gelaran Tenggarong Creative Festival Virtual Event 2021 di Amphiteater Taman Kota Raja Tenggarong hari Minggu 11 April 2021 malam.

Peluncuran Kukar Asia Wonders dan Kukar Kaya Festival, dilakukan secara resmi oleh Bupati Edi Darmansyah dan Wabup Rendy Solihin. Disaksikan Sultan Kutai HAM Arifin, Ketua DPRD Kukar Abdul Rasyid, Sekda Kukar Sanggono dan PLT Kepala Dinas Pariwisata Kukar Thauhid Aprilian Noor.

Melalui program Kukar Kaya Festival, Bupati Kukar berharap kedepannya bermunculan festival-festival unggulan di Kukar, yang memiliki standar dan memberi efek domino bagi peringatan ekonomi masyarakat di Kukar.

Bupati Edi damansyah juga mengajak seluruh komponen untuk ikut mempopulerkan branding Kukar Asia wonders, yang bakal menyertai di setiap event festival baik berupa logo maupun maupun lagu jingle yang semuanya di buat anak muda Kukar.

kegiatan Tenggarong Creatif Fest 2021, yang digelar secara virtual ini disiarkan melalui kanal YouTube Kekraf Kutai Kartanegara. Tampil sebagai pengisi acara di antaranya adalah Sanggar Tari Enggang Madang dari Desa Lekaq Kidau,  kemudian Gruup Wafer n Biscuit, Paladok Bersayap, Andios, SNNC, Nala Dwipa dan Kapital, serta grup asal Bandung Rocket Rocker yang tampil secara virtual.

5. Kukar – Kemenkominfo Kerjasama Terkait Implementasi Smart City Kawasan Pariwista dan IKN

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menjalin kerjasama dengan Direktorat Jendral Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI, terkait Implementasi Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City). Acara penandatanganan nota kesepahaman diikuti Pemkab Kukar secara virtual, dari Lantai II Kantor Bupati Kukar di Tenggarong, bulan Mei lalu.

Adapun dari Pemkab Kukar yakni Wakil Bupati Kutai H Rendi Solihin didampingi Sekda Kukar Sunggono, Kadiskominfo Bahteramsyah, Joni Ringgo Kasubag Kerjasama Setkab Kukar.

Nota kesepahaman ditandatangani oleh Menteri Kominfo Johnny G Plate dari Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Jalan Merdeka Barat No. 9 Jakarta Pusat, secara simbolis kepada Kepala Daerah dari 48 Kota/ Kabupaten di kawasan Pariwisata prioritas dan Ibu Kota Negara Baru, termasuk Kukar.

Johnny mengtakan acara ini merupakan titik tolak penting perluasan inisiasi Smart City dan juga untuk pengembangan sektor pemerintahan digital Indonesia yang dilakukan Sejak tahun 2017, Kementerian Kominfo bersama dengan beberapa Kementerian atau lembaga terkait lainnya telah menginisiasikan Gerakan Menuju Smart City di 100 Kabupaten/Kota.

Ia juga mengatakan, Program ini menekankan pada 6 pilar utama Smart City yaitu: Smart Governance, Smart Branding, Smart Economy, Smart Living, Smart Society, dan Smart Environment. Gerakan Menuju Smart City hadir untuk memberikan panduan bagi pemerintah daerah dalam mengoptimalisasikan penggunaan teknologi untuk meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat.

Senada Dengan Menteri Kominfo, Wakil Bupati Kukar juga menginginkan dengan digitalisasi akan mempercepat proses, mengefisiensikan pekerjaan, dan memaksimalkan layanan, yang berujung pada meningkatnya kepuasan masyarakat akan pelayanan pemerintah sesuai dengan Program Birokrasi Digital yang di canangkan.

6. Raih WTP 2020, Kukar Kembali Cetak Hatrick

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) kembali berhasil meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), terhadap Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Kaltim atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2020.

Penyerahan predikat WTP dilakukan oleh Kepala BPK Perwakilan Provinsi Kaltim Dadek Nandemar kepada Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin ditandai dengan penandatanganan berita acara serah terima diruang Auditorium Lt.II Kantor BPK Perwakilan Provinsi Kaltim, Samarinda, akhir Mei 2021 lalu.

Wakil Bupati Kukar H Rendi Solihin mengatakan dirinya bersyukur atas pencapaian WTP yang telah diterima, menurutnya apa telah dicapai tersebut merupakan idaman seluruh kabupaten/kota se-Indonesia.

terkait hasil WTP yang telah diterima Pemkab Kukar secara tiga tahun berturut-turut tersebut, dirinya berharap hal itu bisa menjadi penyemangat dan motivasi bagi seluruh jajaran di lingkungan Pemkab Kukar untuk terus melakukan pembenahan dalam pengelolaan keuangan daerah.

Baca Juga :   Memperingati Hari Pahlawan, Keturunan Sultan Aji Muhammad Parikesit Kunjungi Kecamatan Samboja

Dirinya juga berharap hasil telah dicapai tersebut akan memotivasi seluruh jajaran dilingkungan Pemkab Kukar untuk terus melakukan pembenahan khususnya pada tata kelola keuangan sehingga kedepan pencapaian hasil WTP lima kali berturut-turut yang pernah diterima Pemkab Kukar terdahulu bisa kembali terwujud.

7. Kukar Raih Penghargaan, Raih Progres Tertinggi Tindak Lanjut Hasil Rekomendasi Pemeriksaan BPK Semester I

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menempati posisi progres paling tinggi pada Tindak Lanjut Hasil Rekomendasi Pemeriksaan (TL HRP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Semester I tahun 2021, diantara Pemprov Kaltim dan Pemkab/Pemkot se Kaltim, serta Bank Kaltimtara.

Atas pencapaian tersebut, Pemkab Kukar mendapatkan plakat dan piagam penghargaan dari Kepala BPK RI perwakilan Provinsi Kaltim Dadek Nandemar, diserahkan kepada Inspektur Daerah Kabupaten Kukar Heriansyah, pada acara Pembahasan Tindak Lanjut hasil pemeriksaan BPK RI di ruang Auditorium BPK RI perwakilan Provinsi Kaltim, Samarinda, akhir Juni 2021 lalu.

Kepala BPK RI perwakilan Provinsi Kaltim, memberikan apresiasi atas capaian Pemkab Kukar tersebut, yakni atas komitmennya mengingat beberapa kabupatan/kota yang lain mengalami penurunan, dan ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh BPK sebagaimana amanat dari ketentuan pasal 20 ayat (4) dan ayat(6) UU No.15/2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggungjawab Keuangan Negara.

Setelah melalui berbagai proses tahapan penilaian dilanjutkan dengan Pembahasan tindak lanjut rekomendasi hasil pemeriksaan pemantauan atas penyelesaian kerugian daerah pada pemerintah daerah se-Provinsi Kaltim.

Untuk di ketahui Pemkab Kukar mencapai progres paling tinggi tindak lanjut semester l tahun 2021 sebesar 78,69 %.

8. Realisasi Belanja Daerah Semester Pertama 2021, Menyerap 32,37 Persen Anggaran

Wakil Bupati Kutai Kartanegara Rendi Solihin menyampaian Laporan Realisasi Semester Pertama pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2021 dan Prognosis untuk enam bulan berikutnya, pada rapat Paripurna DPRD Kukar secara virtual, di Rumah Jabatan Wakil Bupati akhir Juli 2021.

Rendi mengatakan tentunya APBD Kukar 2021 memuat program dan kegiatan yang ditetapkan melalui mekanisme penganggaran, dimulai dari Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Desa sampai tingkat Kabupaten. Selanjutnya Pemerintah Kabupaten Kukar dalam melaksanakan Program dan Kegiatan Pembangunan telah dirumuskan dan mengacu kepada Visi dan Misi yang diimplementasikan dalam Renstra dan Renja oleh masing-masing Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kukar.

Lebih lanjut Rendi menyampaikan realisasi belanja daerah semester pertama tahun anggaran 2021 secara keseluruhan menyerap 32,37 persen dari anggaran, dan Prognosis enam bulan kedepan terhadap Belanja sebesar 82,45 persen

Belanja Operasi yang meliputi Belanja Pegawai, Belanja Barang dan Jasa, Belanja Hibah, dan Belanja Bantuan Sosial terealisasi sebesa 35,39 persen dari anggaran.

Belanja Modal yang meliputi belanja modal tanah, belanja modal peralatan dan mesin, belanja modal gedung dan bangunan, belanja modal peralatan mesin, belanja modal jalan, Irigasi dan jaringan, dan belanja modal aset tetap lainnya terealisasi sebesar 24,41 persen dari anggaran.

Dana belanja operasional kesehatan yang nantinya akan digunakan di APBD perubahan senilai Rp1,4 M , sedangkan untuk SILPA tahun 2020 sudah dialokasikan untuk pembiayaan di APBD tahun 2021 sebesar Rp 500 M dan dialokasikan juga untuk pembayaran utang sebesar Rp 205 M.

Kemudian Prognosis atau rencana pencapaian target enam bulan berikutnya sebesar Rp 432 M dipergunakan untuk pembayaran utang tahun 2020, kekurangan gaji tahun 2020, belanja penanganan Covid-19 serta untuk belanja wajib mengikat dan prioritas lainnya.

9. Kukar Raih Penghargaan KLA Tingkat Madya

Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) meraih penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) tingkat Madya Tahun 2021 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI I Gusti Ayu Bintang Darmawati, yang dilakukan secara virtual diikuti seluruh Kepala Daerah Kabupaten/Kota se Indonesia, termasuk Kabupaten Kukar, di Kantor Bupati Kukar, juli 2021

Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengungkapkan ada peningkatan di tahun 2021, dimana yang menerima penghargaan KLA ada 275 Kabupaten/kota dibanding tahun 2019 sebanyak 249 Kabupaten/Kota. Seperti diketahui bersama dikarenakan pandemi Covid 19 pelaksanaan pemberian penghargaan KLA sempat tertunda satu tahun.

Ia mengatakan KLA diberikan kepada seluruh Kabupaten/Kota yang mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh serta berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk menjamin pemenuhan hak dan perlindungan anak. KLA diberikan didaerah dalam 5 kategori dari Pratama, Madya, Nindya dan Utama hingga Kabupaten/Kota Layak Anak.

sementara Kepala DP3A Kabupaten Kukar Hj Aji Lina Rodiah mengatakan penilaian KLA 2021 melalui virtual dari informasi dan foto – foto yang diberikan ke Kementerian PPPA yang tidak bisa langsung kelokasi dikarenakan pandemi Covid 19, kedepan dengan sudah mendapatkan Madya dua kali bisa lebih meningkat menjadi Nindya.

10. Pemkab Kukar Buka Pendaftaran Beasiswa “Kukar Idaman” Berikut Persyaratannya

Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) membuka Pendaftaran Beasiswa “Kukar Idaman” Tahun 2021 bagi mahasiswa-mahasiwi Kukar pada Jenjang Pendidikan Diploma (D3,D4) dan Sarjana (S1) pada Perguruan Tinggi di Kutai Kartanegara atau yang berasal dari Kukar pada satuan pendidikan di luar Kukar.

Kabar baik tersebut tertuang dalam Surat Pengumuman Nomor: B-1479/Kesra/Kesmas/422.5/08/2021 Tentang Beasiswa “Kukar Idaman” Kutai Kartanegara Tahun 2021 yang ditandatangani oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar H Sunggono, 25 Agustus 2021.

Persyaratan khusus dalam pendaftaran beasiswa tersebut yakni beasiswa stimulan jenjang mahasiswa D3,D4 dan S1 juga harus memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sekurang-kurangnya 3,25 dibuktikan dengan transkrip nilai. Diutamakan bagi mahasiswa pada jurusan-jurusan yang sesuai dengan visi dan misi Kukar Idaman atau yang sesuai dengan kebutuhan pembangunan di Kutai Kartanegara.

Selanjutnya bagi mahasiswa D3 minimal semester 3 (tiga) maksimal semester 6 (enam) dan bagi mahasiswa D4 dan S1 minimal semester 3 (tiga), maksimal semester 8 (delapan).

11. Gubernur Bersama Bupati Panen Raya Jagung Nusantara di Loa Ipuh

Dalam rangka memperingati Hari Tani Nasional Tahun 2021, Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) H Isran Noor bersama Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah resmikan Panen Raya Jagung Nusantara di jalan Gunung Wang kelurahan Loa Ipuh, Tenggarong Akhir September lalu.

Dalam wawancara Gubernur Kaltim H Isran Noor mengatakan potensi jagung Hibrida Kaltim sangat luar biasa, khususnya di Kabupaten Kukar

Isran juga mengapresiasi kepada Kepala Daerah Kukar beserta jajaran yang memiliki perhatian dan keberpihakan terhadap kemajuan para petani.

Sementara itu Bupati Kukar Edi Damansyah mengatakan, pengembangan tanaman jagung ini merupakan komitmen pemerintah daerah untuk meningkatkan prioritas potensi keunggulan yang dimiliki, khususnya sektor Pertanian dan Pariwisata.

Edi mengatakan pengoptimalan produksi pertanian dengan segala variannya dan segala proses keunggulannya, merupakan keyakinan Pemerintah Daerah sektor bercocok tanam akan memberikan keuntungan dan dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kukar.

12. Edi Damansyah Dianugerahi Lencana Adhi Bhakti Tani Nelayan Utama

Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah menerima penghargaan Lencana Adhi Bhakti Tani Nelayan Utama, yang merupakan penghargaan tertinggi dari Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Nasional, bulan september lalu di Gedung Kementerian Pertanian Jln Harsono RM No 3 Ragunan Jakarta Selatan.

Pengahrgaan itu diberikan pada acara Rembug Paripurna KTNA Nasional yang dibuka Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan sumber daya manusia pertanian Prof. Dr. Ir. Dedi Nursyamsi.

Baca Juga :   Perhelatan MTQ Ke - 42 Muara Badak Telah Usai, Kafilah Tenggarong Sabet Juara Umum

Lencana yang diberikan merupakan penghargaan atas pengabdian, kesetiaan dalam mendampingi, memotivasi semangat dan tanggung jawab serta kemandirian petani dan nelayan dalam meningkatkan pembangunan pertanian, perikanan, dan kehutanan serta sistem dan usaha agribisnis, sehingga dapat dijadikan teladan.

Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah saat ditemui usai acara mengatakan bahwa penghargaan tersebut merupakan salah satu apresiasi KTNA Nasional kepada Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara, yang telah konsisten dan fokus pada pembangunan bidang pertanian dalam arti luas.

Edi mempersembahkan penghargaan ini untuk seluruh Petani dan nelayan yang berada di Kukar.

Bupati kemudian meminta petani dan seluruh stakeholder untuk lebih bekerja keras, terus bekerjasama untuk memajukan pertanian dalam arti luas di Kutai Kartanegara.

13. Kukar Jadi Mitra Penyusunan Masterplan Smart City IKN

Konsep kota cerdas atau Smart City adalah konsep ideal yang menjadi idaman bagi masyarakat Kutai Kartanegara (Kukar). Konsep tersebut mengusung 6 pilar utama dalam pengembangan kawasan cerdas, yaitu Smart Governance, Smart Society, Smart Economy, Smart Branding, Smart Living dan Smart Environment.

kawasan kota cerdas baru bisa terwujud apabila seluruh pemangku kepentingan yaitu, pemerintah,dunia usaha dan akademisi dapat bersinergi dengan baik dalam memadukan konsep kota cerdas dan berproses bersama dalam merealisasikan konsep tersebut secara berkesinambungan.

konsep kota cerdas semakin mendekati relevansinya di masa – masa krisis. Pasalnya, pembatasan – pembatasan kegiatan justru memberikan gambaran kawasan yang layak huni, maju dan modern. Konsep kota cerdas menjadi suatu keniscayaan, terlebih lagi dengan masuknya Kukar dalam program gerakan menuju Smart City pada kawasan IKN.

Diharapkan dengan adanya tim pembimbing yang mendampingi penyusunan Masterplan Smart City di Kabupaten Kukar, bisa diikuti dengan baik oleh seluruh peserta terutama Dewan Smart City dan Tim Pelaksana Smart City. “Pelajari dan manfaatkan peluang baru agar bisa menyiapkan strategi dan pondasi pembangunan yang berkelanjutan. Konsep Smart City harus melibatkan pembangunan di wilayah pedesaan, sehingga memperkuat aspek fundamental menuju kabupaten yang smart sesuai dengan keunggulan, potensi dan tantangan khas daerah Kukar.

14. Pemkab Kukar Gandeng UNTAR Kembangkan Keilmuan Bidang Penataan Ruang

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) resmi menggandeng Universitas Tarumanegara (UNTAR) Jakarta Barat Terkait Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Penelitian dan Pengembangan Keilmuan Bidang Pengendalian Pemanfaatan Ruang, Jumat 10 September 2021 di Jakarta Barat.

Kesepakatan dengan Nomor 1376-R/5150/UNTAR/IX/2021 tersebut ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Edi Damansyah selaku Bupati Kukar (Pihak pertama) dan Prof. Dr. Agustinus Purna Irawan selaku Rektor UNTAR (Pihak kedua).

Dikatakan Bupati Kukar Edi Damansyah, kerjasama tersebut bertujuan untuk bersama-sama membuat komitmen dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Kabupaten Kutai Kartanegara dengan menerapkan hasil pelaksanaan pendidikan, pengajaran hingga penyelenggaraan pengabdian kepada masyarakat dalam mendukung pembangunan daerah.

Diketahui dalam diktum kesepakatan termuat pada pasal 3 tentang pelaksanaan yakni para pihak sepakat untuk mengambil langkah-langkah secara optimal guna mewujudkan kesepakatan sebagaimana dimaksud pasal 2 tentang obyek dan ruang lingkup dengan saling menguntungkan dan memberi manfaat bagi para pihak.

15. Percepat Sistem Administrasi, Pemkab Kukar Bersama BSrE BSSN Lakukan Perjanjian Kerjasama

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) bersama Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) lakukan perjanjian kerjasama terkait pemanfaatan sertifikat elektronik pada sistem elektronik di lingkungan Pemkab Kukar, secara virtual di ruang Kerja Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar, awal september lalu.

Dalam Perjanjian kerjasama dengan nomor: B 1593/ORG/KRB/074/09/2021 dan nomor : PERJ.111/BSSN/BS.KH.02.01/09/2021 tersebut, bertindak mewakili Pemkab Kukar Sekda Kukar H Sunggono yang disebut sebagai pihak kesatu, sementara pihak kedua diwakili oleh Kepala Balai Sertifikasi Elektronik Badan Siber dan Sandi Negara Rinaldy.

Adapun tujuan dari perjanjian kerjasama tersebut guna terwujudnya penerapan sistem elektronik yang aman di lingkungan pihak kesatu (Pemkab Kukar) dalam mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang baik, dengan maksud perjanjian kerjasama tersebut sebagai acuan bagi para pihak (Pemkab Kukar bersama BSrE BSSN) dalam melaksanakan kerja sama pemanfaatan sertifikat elektronik dilingkungan Pemkab Kukar.

Perjanjian kerjasama tersebut berlaku untuk jangka waktu empat tahun terhitung sejak tanggal ditandatangani dan dapat diperpanjang atau diperbaharui sesuai kesepakatan para pihak.

Sementara itu, Sekda Kukar H Sunggono saat dikonfirmasi setelah melaksanakan perjanjian kerjasama tersebut berharap kedepannya seluruh pelayanan administrasi di lingkungan Pemkab Kukar khususnya berkaitan dengan dokumen administrasi bisa lebih cepat proses pelaksanaannya.

16. Bupati Resmi Launching Kredit Kukar Idaman Bunga Nol Persen

Kabar gembira bagi semua masyarakat kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), khususnya pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dapat mengajukan kredit pengembangan usaha, baik yang sudah berjalan maupun yang baru memulai usaha melalui program Kredit Kukar Idaman (KKI).

Program KKI tersebut resmi di Launching oleh Bupati Kukar Edi Damansyah bersamaan dengan produk baru Bankaltimtara yakni Kredit Meranti, KPR Gen Me, Qris (QR Code) atau pembayaran digital Bankaltimtara serta MoU Elektronifikasi Transaksi Keuangan Terintegrasi Bankaltimtara dengan Pemkab Kukar, di Pasar Mangkurawang, Akhir oktober 2021.

Menurut Bupati Edi Damansyah, program KKI tersebut dengan bunga 0 persen, proses cepat, berbiaya rendah, persyaratannya pun lebih mudah dibandingkan kredit reguler Bankaltimtara lainnya.

Dijelaskan Bupati Edi Damansyah, beberapa waktu lalu pemkab Kukar dan PT BPD Kaltim Kaltara juga sudah menandatangani MoU dan PKS (Perjanjian Kerjasama) terkait Elektronifikasi Transaksi Keuangan Pemda Terintegrasi.

Bupati Edi juga menyebutkan, pemerintah daerah wajib melakukan inovasi elektronifikasi dalam pelaksanaan pemungutan pajak daerah dan retribusi daerah, sehingga dapat mewujudkan program pengamanan fiskal daerah, serta inovasi elektronifikasi dalam pelaksanaan belanja daerah untuk membiayai program dan kegiatan pemerintah daerah.

17. Angka Stunting Kukar Turun

Terjadi penurunan angka kasus stunting di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Hal tersebut bisa dilihat dari angka penurunan di tahun 2019 turun menjadi 20,12 persen dan tahun 2020 menjadi 16,9 persen.

Capaian ini adalah hasil kerja keras dan kerjasama kita bersama dari seluruh sektor, bahwa masalah stunting bukan tugas dan tanggung jawab Dinas Kesehatan semata, namun tanggung jawab bersama.

Dikatakannya sesuai dengan target nasional hingga akhir 2024, yakni stunting tinggal 14 persen, Tim KP2S menargetkan tahun 2022 nanti bisa mencapai persentasenya turun menjadi 15 persen.

Sekda Kukar mengatakan, selain kurang terpenuhinya kebutuhan dasar masyarakat, ada 4 faktor yang mempengaruhi terjadinya stunting, yaitu faktor genetik 10 persen, pelayanan kesehatan 20 persen, prilaku 30 persen dan lingkungan 40 persen. Selanjutnya yang mempengaruhi permasalahan gizi di Kukar tertinggi adalah faktor anggota keluarga merokok, kemudian anak yang tidak mendapat vaksinasi lengkap sebesar 6,1 persen.

18. Upayakan Air Bersih, Bupati Resmikan Pamsimas Desa Sebelimbingan

Sebagai upaya mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan berbahagia, Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah terus mengupayakan agar program – program yang masuk dalam Kukar Idaman terus direalisasikan. Diantaranya yaitu bagi Desa – Desa di Kukar yang belum mendapatkan fasilitas air bersih, terus digenjot agar masyarakat bisa merasakan aliran air bersih.

Seperti halnya peresmian Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Desa Sebelimbingan Kecamatan Kota Bangun oleh Bupati Edi Damansyah, di Kantor Desa Sebelimbingan ditandai penandatanganan prasasti dan pemotongan pita, Kamis (14/10).

Baca Juga :   Kampung Lama, Kecamatan Samboja Kembangkan Media Intercom

Edi meminta dengan adanya Pamsimas di Sebelimbingan bisa dipelihara dan dikelola dengan baik, agar kualitas air yang dihasilkan akan tetap terjaga dan selalu jernih.

Kata Edi, sekian lama Indonesia merdeka masyarakat desa belum merasakan adanya air bersih, aliran listrik dan jaringan telekomunikasi. Melalui program – program yang telah tersusun rapi di Kukar Idaman, Edi ingin semua terwujud dan masyarakat di pedalaman Kukar bisa merasakan fasilitas tersebut.

19. 2.500 Pedagang Kaki Lima dan Warung di Kukar, Dibantu Tambahan Modal Rp 1,2 Juta

Sebanyak 2.500 pedagang kaki lima dan warung yang tersebar di Kecamatan Tenggarong, Tenggarong Seberang dan Loa Kulu, menerima Bantuan Tunai dari TNI di ruang Aula Darmawangsa Makodim 0906/Kutai Kartanegara (KKR), oktober lalu.

Bantuan tunai yang Rp 1,2 juta per orang diserahkan secara simbolis oleh Bupati Kukar Edi Damansyah bersama Dandim 0906/KKR Letkol Inf Charles Alling, perwakilan dari Kapolres Kukar, dan Kejari Kukar yang diberikan kepada 6 orang perwakilan pedagang kaki lima dan warung.

Dalam sambutannya, Bupati Edi mengatakan bantuan itu merupakan kebijakan Presiden Joko Widodo yang disalurkan melalui TNI-Polri (Kodim-Polres) setempat.

Pemkab Kukar, menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada para pedagang kaki lima dan warung, atas kerja samanya selama ini sehingga penanganan Covid-19 di Kukar terus membaik.

Pemkab Kukar telah memberikan jaminan dan perlindungan kepada para pedagang kaki lima dan warung. Perlindungan tersebut tertuang dalam Peraturan Daerah Nomor 6 tahun 2012, dan Peraturan Bupati Nomor 53 tahun 2013.

20. Pemkab Kukar Cetak Quattrick Penghargaan APE Tingkat Utama

Sekretaris Daerah (Sekda) Kutai Kartanegara (Kukar) H Sunggono mengikuti acara pemberian penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun anggaran 2020 Dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) RI, secara virtual di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kukar bulan oktober lalu.

Pemerintah Kabupaten Kukar meraih penghargaan APE 2020 kategori Tingkat Utama dengan nomor : 658/Men/KG.05/9/2021.

Sekretaris Pokja Pengarusutamaan Gender (PUG) Kukar Hj Aji Lina Rodiah mengatakan, berdasarkan surat Kemen PPPA RI pada tanggal 20 September 2021 terkait pemberitahuan pemberian penghargaan APE 2020 pada tahun ini dilaksanakan secara virtual, adapun pemberian penghargaan tersebut merupakan hasil evaluasi dan verifikasi lapangan oleh tim independen pada tanggal 25 Maret 2021.

Sementara itu, Bupati Kukar Edi Damansyah mengapresiasi dan menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada jajaran Pemerintah Kabupaten Kukar khususnya kepada Ketua Pokja PUG dan jajaran atas capaian prestasi kinerja pembangunan gender di Kabupaten Kukar, sehingga secara berturut-turut mampu mempertahankan dan mendapatkan penghargaan APE kategori Tingkat Utama yang keempat kalinya berturut-turut sejak tahun 2014, 2016, 2018 dan 2020, atau raihan empat kali mencetak skor dalam sepak bola disebut Quattrick.

Lebih lanjut, disampaikan bahwa melalui prestasi tersebut menunjukkan bukti bahwa komitmen dan konsistensi bersama untuk terus mengawal dan membangun Kabupaten Kukar yang menjunjung tinggi nilai-nilai kesetaraan dan keadilan yang berperspektif gender.

Penghargaan APE merupakan penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) kepada kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah yang dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak serta memenuhi kebutuhan anak, dimana hasil penilaian berdasarkan tujuh komponen diantaranya komitmen, kebijakan, kelembagaan, sumber daya manusia dan anggaran, alat analisis gender dan gender budgeting statement, data gender serta partisipasi masyarakat (partisipasi publik untuk kesejahteraan perempuan dan anak yang anggotanya terdiri dari lembaga masyarakat, dunia usaha dan media).

21. Pemkab Kukar Masuk 10 Besar Penilaian BKPM Terkait Pelayanan Kinerja PTSP dan PPB

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) masuk nominasi 10 besar tingkat nasional penilaian kinerja terbaik oleh Kementerian Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Republik Indonesia, yang ditetapkan di Jakarta pada tanggal 27 Agustus 2021 lalu.

Dimana hasil tersebut diperoleh berdasarkan keputusan Menteri Investasi, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Republik Indonesia Nomor 139 Tahun 2021 tentang Penetapan Hasil Penilaian Kinerja Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Kinerja Percepatan Pelayanan Berusaha (PPB) Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2021.

Adapun Kabupaten Kutai Kartanegara berada tepat diposisi 10 dengan nilai 91,994 dengan kategori Sangat Baik dibawah Kabupaten Gresik Provinsi Jawa Timur yang berada di posisi sembilan dengan nilai 92,040.

Untuk sekedar informasi, Penilaian kinerja tersebut diikuti 34 provinsi dan 415 kabupaten dan 93 kota se Indonesia dengan kategori penilaian Sangat Baik, Baik dan Kurang Baik.

22. Pemkab Kukar – Kemenaker Sepakati Pembangunan BLK di Loa Ipuh

Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah, menandatangani nota kesepakatan tentang penyerahan lahan pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK) kepada Kementerian Ketenagakerjaan RI, sekaligus Penyerahan surat keputusan Bupati Kukar tentang persetujuan penetapan lokasi pembangunan BLK Industri Pertanian Terpadu di Kelurahan Loa Ipuh Darat, Tenggarong, bulan Oktober lalu di Hotel Mercure Samarinda, disaksikan Menteri Ketenagakerjaan RI .

Adapun isi dari kesepakatan tersebut adalah Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara sebagai pemberi hibah. Budi Hartawan selaku Direktorat Jendral Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas atasnama Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia sebagai penerima hibah.

Kedua belah pihak bersepakat untuk meningkatkan pengembangan sumber daya manusia di Kabupaten Kukar melalui penyediaan infrastruktur dan sarana Balai latihan Kerja Industri Pertanian Terpadu (BLKIPT),

Pemkab Kukar bersedia menyerahkan pemanfaatan lahan / tanah seluas 25,7 hektar atau 257.000 m2 ( dua ratus lima puluh tujuh ribu meter persegi ), yang terletak di kelurahan Loa Ipuh Darat Kecamatan Tenggarong melalui SK Bupati Kukar No.01/590/PL/DPPR/X/2021 tentang persetujuan penetapan lokasi pembangunan Balai Latihan Kerja Industri pertanian Terpadu di Kelurahan Loa Ipuh Darat Kecamatan Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara kepada Kemenaker.

Lahan atau tanah sebagaimana tersebut telah sesuai dengan rencana pemanfaatan tata ruang Kabupaten Kutai Kartanegara. Kemenaker menggunakan dan memanfaatkan lahan / tanah tersebut dalam diktum pertama untuk pembangunan BLKIPT dan berkewajiban untuk segera melaksanakan tahapan pembangunan BLKIPT pada lokasi lahan atau tanah dimaksud dengan berpedoman pada ketentuan peraturan perundangan yang berlaku.

23. Komitmen Majukan Pendidikan, Bupati Edi Damansyah terima Penghargaan Kaltim Education Award

Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah menerima anugerah Kaltim Education Award (KEA) Kategori Bupati/Wali Kota Berjasa. Trophy penghargaan tersebut diserahkan oleh Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi, yang diterimakan oleh Wakil Bupati Kukar H Rendi Solihin, pada malam KEA 2021 yang digelar oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim, di Hotel Bumi Senyiur Samarinda, Selasa November 2021.

Wagub Hadi, mengatakan pemberian penghargaan KEA merupakan bukti kepedulian dan apresiasi Pemprov Kaltim kepada Kepala Daerah, perusahaan, guru dan siswa yang berprestasi dan peduli dalam bidang pendidikan.

Hadi berharap, pembangunan SDM Kaltim terus maju, terutama dalam menghadapi tantangan ke depan.

Hadi meyakini dan percaya pendidikan Kaltim semakin cerah dibarengi meningkatnya mutu pendidikan pada semua jenjang, serta meningkatnya kreativitas dan inovasi pendidikan serta kompetisi yang positif, sehingga terwujud agen perubahan dalam pembangunan.

Sementara itu, Wabup Rendi menegaskan bahwa pemberian trophy penghargaan dari Pemprov Kaltim melalui KEA 2021 yang diterima Bupati Kukar Edi Damansyah itu sebagai bukti nyata dan kerja keras dan kebijakan Bupati Edi Damansyah yang mengalokasikan anggaran daerah untuk sektor pendidikan yang cukup besar di Kabupaten Kukar.

 

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *