Terus Kawal Eksplorasi Migas, Di Indonesia Penemuan Pertama Tahun 2022 Berasal Dari SKK Migas Perwakilan Kalsul

Balikpapan – Wakil Kepala SKK Migas Fatar Yani Abdurrahman beserta tim SKK Migas Pusat, kembali menggelar rapat koordinasi terkait rencana pengeboran tahun 2022 secara luring dan daring (hybrid) yang dilaksanakan dari Kantor Perwakilan Kalsul Jum’at (31/12) lalu.

Rapat ini dilakukan dalam rangka pembahasan optimalisasi rencana kinerja pengeboran pengembangan dan eksplorasi tahun 2022 khususnya KKKS di wilayah Kalimantan dan Sulawesi.

Selain itu, pada hari yang sama disela kepadatan agendanya, Wakil Kepala SKK Migas menyempatkan melakukan soft opening kantor baru SKK Migas Perwakilan Kalimantan dan Sulawesi (Perwakilan Kalsul) yang berada di Komplek Pasir Ridge.

Kemudian dilanjutkan dengan silaturahmi hangat bersama seluruh pegawai di Perwakilan Kalsul. Hal tersebut sekaligus memberikan sharing, dorongan serta semangat kolaborasi dalam rangka mendukung pencapaian target SKK Migas.

Pihaknya juga melakan kunjungan kerja ke Rig Maera yang sedang melakukan pengeboran sumur pengembangan di area operasi PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT). Tajak sumur Sapi Gas Handling Surface Facility (GHSF), di Daerah Operasi Bagian Utara (DOBU) telah dimulai pada tanggal 22 Desember 2021.

Kegiatan tersebut menjadi 1,5 tahun lebih cepat dari target. Dimana rencana awal selesai tajak pada kuartal ke-2 tahun 2023. Percepatan ini telah menambah sumur yang dikelola PHKT dari 3 menjadi 7 sumur. Hal tersebut nantinya akan menghasilkan produksi secara total sebesar 8 MMSCFD dan kemudian akan mencapai puncak produksi di angka 30 MMSCFD.

Baca Juga :   Burhanuddin Desak DPRD Kukar, Pemekaran Dua Kecamatan Samboja Belum Adanya Titik Terang

Disamping itu, dirinya juga menjelaskan bahwa Kunjungan Kerja ke beberapa area operasi KKKS termasuk PHKT merupakan bagian dari Drilling Campaign yang dicanangkan oleh SKK Migas di tahun 2022.

“Dengan total target 17 sumur baru di PHKT tahun 2022, harapannya dapat terealisasi seluruhnya hingga sejalan dengan total target SKK Migas untuk pengeboran pengembangan dan eksplorasi sebanyak 900 sumur di Indonesia secara keseluruhan” kata Fatar.

Dalam kesempatan yang sama, General Manager PHKT, Raam Krisna menyampaikan bahwa proyek ini sangat penting bagi PHKT. Karena program ini akan mendukung pengadaan 80% gas di 2022 dan merupakan implementasi borderless antar anak perusahaan PHI.

“Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT) optimis capai target produksi Migas 2022 dengan reaktivasi Sapi GHSF.” jelas Krisna disela kunjungan.

Wakil Kepala SKK Migas Tersebut juga melakukan Kunjungan Kerja ke Rig Raisis yang akan melakukan tajak sumur pengeboran pengembangan TN-AA322/323 di area operasi PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM). Setelah itu, dirinya melanjutkan kunjungan kerja ke Rig Hakuryu-14 yang sedang melakukan pengeboran eksplorasi sumur Manpatu-1X (MPT-1X) di area operasi PHM.

Sumur MPT-1X tajak pada (20/10) dan saat ini telah dilakukan Uji Kandungan Lapisan (UKL) pada DST-1 di Formasi Batupasir Mentawir (kedalaman 3630 mMD), yang terbukti menemukan hidrokarbon berupa Minyak dan Gas, dengan rate terukur untuk gas sebesar 15 MMSCFD dan minyak sebesar 600 BOPD.

Baca Juga :   The New Normal di Industri Keuangan: Transformasi Digital dan Edukasi Konsumen jadi Kunci

Operasi UKL masih berlangsung, kemudian akan dilanjutkan untuk melakukan UKL pada DST-2 di Formasi Batupasir Tanjung Batu dengan kedalaman 2240 mMD untuk mengetahui kemampuan laju alir di lapisan/formasi tersebut.

Adapun sebagai rangkaian penutup kunjungan kerja, Manajemen SKK Migas melakukan ramah tamah apresiasi pencapaian Proper Emas yang digelar oleh PHM dan turut dihadiri para mitra binaan PHM.

Dirinya sangat mengapresiasi atas upaya yang dilakukan oleh PHM, baik dari segi capaian lifting minyak dan gas yang mencapai diatas 100 persen, pemenuhan komitmen pengeboran pengembangan dan eksplorasi yang discovery big fish.

“Di awal tahun 2022 serta empowering masyarakat sekitar operasi, Alhamdulillah mampu mengantarkan PHM meraih dua Proper Emas yaitu dari lapangan BSP dan lapangan SPU,” bebernya.

Ramah tamah yang digelar di Rocket Mahakam Club (RMC) pada senin malam tadi menjadi sangat berbeda. Karena kegiatan tersebut dihiasi pemandangan pancaran cahaya hasil flaring dari kegiatan UKL di sumur MPT-1X yang dapat dilihat dari RMC yang berada di pinggir pantai Batakan, Balikpapan.

General Manager PHM Agus Amperianto mengucapkan terima kasih atas dukungan SKK Migas dalam pencapaian PHM di tahun 2021 dan optimis pada tahun 2022 ini akan memberikan kontribusi yang lebih baik, dengan kinerja yang meroket.

Disamping itu, Kepala SKK Migas Perwakilan Kalsul Azhari Idris menjelaskan, bahwa discovery (penemuan) pertama di Indonesia tahun 2022 berasal dari wilayah Perwakilan Kalsul yaitu sumur eksplorasi MPT-1X di Wilayah Kerja (WK) Mahakam PHM.

Baca Juga :   Aptrindo Kaltim Dukung Penuh Pemberlakuan STID

“Semangat baru dari Mahakam melalui new discovery PHM. Hope for the best sebagai hadiah tahun baru 2022” jelas Azhari.

Selain itu, pada tahun 2021, capaian lifting Migas KKKS Kalsul secara keseluruhan untuk minyak mencapai 73.933 BOPD (per 31 Desember 2021) atau 99,9 persen dari target APBN sebesar 74.015 BOPD dan gas sebesar 1.666 MMSCFD (per 30 November 2021) atau 106 persen dari target APBN sebesar 1.570 MMSCFD.

“Dengan rencana pengeboran yang lebih massif, kami optimis di tahun ini target lifting migas KKKS di wilayah Kalsul dapat dicapai. Kita semua berharap tahun ini secara nasional bisa turn over dari menurunnya produksi migas menjadi tren meningkat secara berkelanjutan sampai tercapainya target 1 juta BOPD dan 12 BSCFD di tahun 2030, tambah Azhari.

“Selain capaian lifting Migas yang memuaskan, di wilayah Kalsul juga meraih 7 (tujuh) Proper Emas di tahun 2021 yang sebagian besar berasal dari KKKS di wilayah Kaltim yaitu 2 dari PHM, 1 dari PHKT, 2 dari PT Pertamina EP (Field Sangasanga & Field Tarakan), 1 dari JOB Pertamina-Medco E&P Tomori Sulawesi serta dari PT Badak NGL,” pungkasnya.

Penulis : Batu Andalas Putra

Editor : Muhammad Irfan

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!