Alami Ledakan Penduduk, DPRD Balikpapan Berikan Solusi Untuk Hindari Kemacetan

Balikpapan – Wakil Ketua DPRD Balikpapan Sabaruddin Panrecale mengatakan, bahwa Balikpapan ada kemungkinan akan terjadi ledakan penduduk yang nantinya dapat menimbulkan kemacetan di beberapa daerah Kota Balikpapan.

“Contoh ruas jalan yang sering terjadi macet seperti di Kecamatan Balikpapan Timur. Di mana jalan tersebut menjadi akses dari Kota lain menuju Tol Balikpapan-Samarinda,” kata Sabaruddin.

Lanjutnya, jalan Soekarno Hatta itu kerap menimbulkan kemacetan pengendara, apalagi ditambah dengan isu IKN yang dalam wacananya akan ada perpindahan besar-besaran untuk pendatang sampai dengan satu juta penduduk.

“800 ribu saja sudah macet luar biasa, apalagi ditambah dengan perpindahan pendudukan besar-besaran,” terangnya kepada wartawan Jum’at (7/1) siang tadin

Baca Juga :   Berupaya Kembangkan UKM, Dinas Koperasi Kukar Fasilitasi Kemudahan Usaha Mikro

Selain itu, ia juga meminta kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan melalui Dinas Pekerjaan Umum (Dinas PU) maupun Dinas Perhubungan (Dishub) agar bersama-sama memikirkan jalur-jalur alternatif.

Kemudian, dirinya memberikan usulan terkait jalan yang menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA) atau dengan pasir putih. Menurutnya hal tersebut tepat untuk mencegah arus kemacetan.

“Kalau memang itu jembatan alternatif pasir putih, jika dibuatkan akses jembatan sebagai pengurai lalu lintas tentu bisa jauh lebih baik, dan masyarakat mempunyai alternatif lain. Tentunya Ini juga menyambut IKN dan mempercepat jalan akses menuju pintu masuk jalan tol,” pungkasnya.

 

Penulis : Bayu Andalas Putra

Editor : Muhammad Irfan

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *