Musrenbang Kota Balikpapan Jadi Acuan RKPD 2023

Balikpapan – Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan melaksanakan kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kota Balikpapan tahun 2022 pada Kamis (31/3).

Terungkap bahwa Pemkot Balikpapan menerima sebanyak 4.248 usulan dalam pokir pada aplikasi SIPD Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2023.

Wali kota Balikpapan Rahmad Mas’ud menjelaskan sejumlah 2.965 usulan diberikan langsung dari masyarakat. Sedangkan, 1.283 usulan lainnya berasal dari pokir DPRD Balikpapan.

“4.248 total usulan yang kami terima, kalau misal diuangkan satu usulan Rp 200 juta, maka perlu Rp 8 triliun untuk mengerjakan semua usulan” kata Rahmad.

Diadakannya Musrenbang sebagai acuan dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2023.

Rahmad Masud mengatakan, tema Musrenbang kali ini sejalan dengan tema RKPD tahun 2023, hal ini dimaksudkan agar meningkatkan daya saing dan kebutuhan di dunia usaha maupun dunia kerja.

Baca Juga :   Gelar Rapat Paripurna, Dewan Dan Pemkot Balikpapan Sepakti Perda APBD 2021

Kemudian, pemerataan akses dasar dalam hal pemenuhan standar minimal seperti pendidikan, kesehatan dan infrastruktur.

“Dengan digratiskannya BPJS Kesehatan kelas 3, realisasi pendidikan dan kesehatan sudah menjadi program kami, dan dinas pendidikan sudah mulai membagikan seragam serta subsidi SPP,” terangnya kepada wartawan Kamis (31/3) siang tadi.

RKPD tersebut disusun dalam empat fokus pembangunan, yakni meningkatan tata pemerintahan yang baik meliputi pengembangan sumber daya manusia.

“Jadi lrogram penyelenggaraan pelayanan publik diantaranya, program informasi administrasi kependudukan, dan program penyelenggaraan pengawasan penunjang pemerintahan daerah,” pungkasnya.

Penulis : Bayu Andalas putra

Editor : Muhammad Irfan

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!