Tingginya Arus Mudik, Pemkot Balikpapan Akan Gelar Tes Antigen Secara Acak

Balikpapan – Kepala Bidang Keamanan dan Penegakan Hukum Satgas Covid-19 Kota Balikpapan Zulkifli menyampaikan, bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan akan melakukan tes antigen secara acak saat arus balik di lebaran tahun ini.

“Untuk menindaklanjuti arahan Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Provinsi Kaltim di tiap pintu-pintu masuk perbatasan. Kami akan melakukan tes antigen secara random. Lokasi yang disasar salah satunya seperti pelabuhan,” kata Zulkifli.

Kemudian dirinya menjelaskan, jadwal tes acak antigen tersebut telah ditetapkan pada 6-8 Mei mendatang. Dan untuk tes acak antigen dilakukan dengan melihat jadwal kapal terlebih dahulu. Adapun untuk akses jalur darat tidak akan dilakukan.

“Kita lihat jadwal kapal yang datang dulu. Jadi tes acak antigen ini bisa saja dilakukan siang atau malam. Menyesuaikan jadwal kapal yang datang,” terangnya kepada wartawan Minggu (1/5) siang tadi.

Baca Juga :   Kepala DKK Balikpapan Sebut Kasus Kanker di Kota Balikpapan Alami Penurunan

Lanjut Zul akrabnya di-sapa, sesudah arus mudik pasca lebaran, pihaknya juga berencana akan memastikan kembali fungsi aplikasi PeduliLindungi baik ditempat wisata maupun di ruang tunggu yang ada di pelabuhan.

Selain itu, berdasarkan laporan yang ia terima dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Balikpapan, bahwa terdapat sebanyak dua ribu penumpang yang datang ke Balikpapan.

“Diperkirakan arus balik pasca lebaran akan tinggi. Karena laporan yang kami terima ada sebanyak 2 ribu penumpang datang ke Balikpapan. Sementara yang keluar Balikpapan ada 12-16 ribu di awal-awal puncak arus mudik,” pungkasnya.

Penulis : Bayu Andalas Putra

Editor : Muhammad Irfan

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!