Empat Hari Libur Lebaran, PAD Sektor Wisata Balikpapan Capai Rp 323 Juta

Balikpapan – Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Balikpapan dr C. I Ratih Kusuma menyampaikan, bahwa semenjak lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah pengunjung Pantai Manggar Segara Sari Kelurahan Manggar Kecamatan Balikpapan Timur melonjak drastis.

Ia menyebut, bahwa kunjungan obyek wisata pantai Manggar pada saat hari pertama lebaran Idul Fitri mencapai sekitar 1.448 pengunjung, dan hari kedua terjadi peningkatan lebih 100 persen dari hari pertama yaitu 8.152 pengunjung termasuk hari ketiga sebanyak 8.600 pengunjung.

“Pada hari pertama sampai hari keempat jumlah kunjungan totalnya ada sebanyak 27.500 orang dengan capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) sekitar Rp 323.250.000,” kata Ratih.

Dirinya juga mengaku, bahwa sebelumnya pihaknya telah berkoordinasi lintas sektor untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung dari luar Balikpapan maupun Balikpapan selama lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah.

Baca Juga :   Burhanudin Kejar Pembayaran Daftar Hutang Kecamatan Samboja

“Jadi setiap hari setelah layanan sore kita lakukan evaluasi. Harapannya jangan sampai terjadi kemacetan sehingga kenyamanan mereka untuk menikmati obyek wisata Pantai Manggar terganggu,” terangnya kepada wartawan Sabtu (7/5) siang tadi.

Adapun salah satu evaluasi yang dilakukan adalah pintu masuk melalui akses satu jalur “Jadi, masuk dari Jalan Pantai Manggar dan keluar melalui Jalan Dandito dengan cara diumumkan melalui speaker kepada pengunjung,” jelasnya.

Selain itu, hal-hal yang dievaluasi yakni dari sisi layanan kesehatan dengan tim Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan serta layanan kebersihan toilet dan sampah dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Balikpapan.

“Untuk parkir kendaraan di area pantai kami lakukan satu arah menuju keluar, hal ini agar tidak terjadi kemacetan,” bebernya.

Baca Juga :   Gelar Reses, Suwanto Minta Kawasan Kang Bejo Masuk Dalam Jadesta

Di samping itu dirinya menambahkan bahwa Pantai Manggar dibuka mulai pukul 08.00-17.00 Wita. Menurutnya kepadatan pengunjung akan melonjak pada Sabtu dan Minggu mendatang.

Sehingga lanjutnya, Pihaknya pun sudah mempersiapkan lonjakan yang terjadi di penghujung libur bersama lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah tersebut.

“Adapun persiapan Sabtu dan Minggu, kita evaluasi pelaksanaannya. Dan masyarakat antusias sekali. Hal ini akibat tahun kemarin tidak dibuka karena adanya Pandemi Covid-19,” tandasnya.

Dirinya juga menjelaskan bahwa ada sebanyak 150 personel yang dikerahkan diantaranya dari Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata, Dinas Kesehatan, BPBD, Basarnas, Polresta, Polda Kaltim Kelompok Sadar Pariwisata juga ikut bersiaga hingga Minggu (8/5) mendatang.

Baca Juga :   Golkar Tanggapi Keputusan PDIP Pasangkan Rahmad-Thohari

“Kami sangat mengantisipasi lonjakan tersebut. Karena di hari terakhir kami jaga, maka jangan sampai lebih dari kondisi yang ada. Kami berharap moga sampai berakhirnya tetap terjaga dengan baik,” harap wanita berparas cantik ini.

Pihaknya juga telah menerapkan pembatasan pengunjung Pantai Manggar, contohnya seandainya pengunjung sudah padat dan melebihi dari hari ketiga sebanyak 8.600 pengunjung. Maka, pintu masuk Pantai Manggar akan ditutup sementara. Kemudian apabila pengunjung sudah mulai longgar, baru akan dibuka kembali.

“Walaupun begitu, kami tetap mengimbau kepada pengunjung untuk tetap mematuhi Protokol Kesehatan dan selalu menjaga kebersihan,” pungkasnya.

Penulis : Bayu Andalas Putra

Editor : Muhammad Irdan

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!