Permudah Komunikasi Antara Masyarakat Dan DPRD, Sekwan Siapkan Teknologi Digital

Balikpapan – Sekretaris Dewan (Sekwan) Irvan Taufik menyampaikan, bahwa program yang dirinya ajukan saat proses seleksi terbuka untuk menjabat sebagai Sekwan DPRD Balikpapan yakni teknologi digital.

“Jadi, digitalisasi ini adalah hal yang sangat penting. Tentunya hal tersebut akan menjadi penunjang kerja anggota DPRD Kota Balikpapan,” kata Irvan.

Dirinya mengaku, bahwa teknologi tersebut saat ini sedang dalam tahap realisasi untuk diaplikasikan di ruang lingkup DPRD Balikpapan.

Harapannya hal ini dapat mempermudah masyarakat dan Anggota Dewan untuk menyampaikan serta membalas aspirasi secara cepat tanpa harus mengunjungi kantor DPRD Balikpapan.

“Temanya Sistem Informasi Aspirasi Publik (SIAP). nanti ada Whatsapp, email dan ada aplikasi seperti website yang kami bangun. Semoga saja tahun ini sudah terealisasi dan sisanya tahun depan,” terangnya kepasa wartawan Selasa (10/5) siang tadi.

Baca Juga :   Reses Masa Sidang I, Subari : Ada Sebanyak 180 Kepala Keluarga Keluhkan Air Bersih

Di samping itu, program berupa saluran agar dapat membangun informasi, contohnya seperti komunikasi antara publik dengan perwakilan rakyat.

“Misalkan sebulan dua kali kita ada pembahasan melalui youtube, zoom atau lainnya. Hal ini agar aspirasi masyarakat itu bisa segera sampai dan menjadi solusi,” jelasnya.

Selain itu dirinya juga mengembangkan sistem E-Risalah, kemudian seluruh rangkaian rapat-rapat DPRD nantinya direkam dalam bentuk elektronik yang kemudian voice (suara) para dewan tersebut diubah menjadi teks atau tulisan.

“Jadi ini sangat penting, karena seluruh pembahasan para dewan pastinya terkait dengan penganggaran, pengawasan dan regulasi. Pastinya seluruh kegiatan rapat DPRD itu terekam dari awal sampai adanya sebuah keputusan,” bebernya.

Baca Juga :   Kepala Kesbangpol Hadiri Pelantikan HMI Kukar

Selanjutnya, dirinya berharap bahwa kedepannya dapat membangun komunikasi antara eksekutif dan legislatif. Hal ini agar mampu terhubung terkait kinerja pemerintahan.

“Menurut saya ini yang paling penting. Karena untuk yang lainnya seperti aplikasi itu hanya membantu. Namun, bagaimana nanti kami berada di tengah-tengah untuk memfasilitasi komunikasi yang baik diantara keduanya,” pungkasnya.

Penulis : Bayu Andalas Putra

Editor : Muhammad Irfan

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!