Masuk Triwulan Ke-II, Dewan Minta OPD Maksimalkan Penyerapan Anggaran

Balikpapan – Ketua DPRD Balikpapan, Abdulloh menyampaikan, bahwa pihaknya kembali menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD), di Ruang Rapat Paripurna, pada Rabu (18/5/2022).

Dalam RDP tersebut, pihaknya membahas terkait penyerapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) yang tidak diserap maksimal di triwulan pertama 2022 ini.

Abdulloh juga mengatakan, bahwa sampai saat ini baru sekitar 15 hingga 20 persen penyerapan APBD digunakan hingga Mei 2022. Padahal periodenya telah memasuki triwulan kedua.

“Jadi, salah satu kegiatan yang terbesar itu di Dinas PU. Maka dari itu kami terus mendorong agar segera melakukan kinerjanya untuk proteksi penyerapan APBD agar sesuai progres,” kata Abdulloh.

Baca Juga :   Gelar RDP, Komisi III Akan Sidak Pengupasan Lahan di Balikpapan

Selain itu dirinya juga menilai, bahwa peran dewan sangat penting. Hal ini guna mengawasi penggunaan anggaran dan penyerapannya secara maksimal.

“Jadi OPD terkait harus menjalankan semua program yang telah dicanangkan dengan baik. Dan intinya penyerapan APBD ini harus bisa maksimal. Hal tersebut agar masyarakat bisa segera menikmati fasilitas,” terangnya kepada wartawan Rabu (18/5) siang tadi.

Di samping itu, dengan minimnya penyerapan anggaran APBD 2022, pihaknya berharap nantinya tidak akan terjadi Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SILPA).

“Saya berharap SILPA sekecil mungkin, maka dari itu anggaran harus diserap sebanyak-banyaknya. Hal ini supaya masyarakat bisa segera menikmati itu,” pungkasnya.

Penulis : Bayu Andalas Putra

Baca Juga :   Jokowi Bolehkan Masyarakat Tak Pakai Masker di Ruang terbuka

Editor : Muhammad Irfan

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!