Subsidi SPP dan Seragam Sekolah Gratis di Balikpapan Capai Rp51 Miliar

Balikpapan – Kepala Bappeda Litbang Kota Balikpapan Murni menyampaikan, bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan akan memberikan subsidi SPP untuk sekolah swasta serta membagikan seragam sekolah gratis.

Adapun untuk total anggaran yang dialokasikan yakni sebesar Rp51 miliar. Dan untuk subsidi yang diberikan kepada per murid SD yaitu Rp75 ribu kemudian untuk siswa SMP Rp110 ribu.

Dirinya mengatakan bahwa kebijakan tersebut merupakan dukungan Pemkot Balikpapan untuk pendidikan dan juga memperluas akses anak-anak agar bisa masuk sekolah.

“Jadi, jumlah siswanya untuk tahun 2022 tingkat SD ada sebanyak 19.465 anak, sedangkan untuk SMP ada 13.153 anak. Anggaran total untuk subsidi SPP SD dan SMP swasta senilai Rp32,7 miliar,” kata Murni.

Baca Juga :   Jokowi Minta Masyarakat Maklum Jika Pemerintah Naikan Harga BBM

Selain pemberian subsidi SPP bagi di siswa SD dan SMP swasta, di dalam program prioritas untuk pendidikan juga diberikan seragam gratis bagi siswa kelas 1 SD dan 7 SMP. Rencananya masing-masing siswa akan mendapat tiga seragam pada ajaran baru di tahun 2022 ini.

“Sesuai data yang kami terima, pada tahun 2022 yang menerima untuk SD ada sebanyak 12.558 siswa, dan 11.294 untuk SMP dengan nilai anggaran yang dialokasikan senilai Rp19,6 miliar,” terangnya kepada wartawan Selasa (31/5) siang tadi.

Seperti diketahui, setahun menjabatnya Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud, bahwa ada beberapa program-program yang diusung pada saat melakukan kampanye. Dan saat ini sudah dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Balikpapan untuk tahun 2021-2026.

Baca Juga :   Gelar Reses di Muara Rapak, Syukri Sebut Seluruh Aspirasi Warga Adalah Prioritas

Dalam RPJMD Kota Balikpapan tersebut ada sembilan program yang menjadi prioritas. Namun, Kepala Bappeda Litbang Kota Balikpapan belum bisa membeberkan berapa persen yang sudah terlaksana. Sebab, pihaknya baru melakukan evaluasi untuk RPJMD tahun lalu.

“RPJMD Kota Balikpapan inikan baru satu tahun, jadi belum bisa dievaluasi. Tapi akan kelihatan di implementasi pelaksanaan program prioritasnya yang sembilan itu,” pungkasnya.

Penulis : Bayu Andalas Putra

Editor : Muhammad airfam

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!