Komisi II Segera Selesaikan Pendataan UMKM Yang Ada di Kota Balikpapan

Balikpapan – Ketua Komisi II DPRD Balikpapan Suwanto menyampaikan, bahwa saat ini pihaknya sedang mendata Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Kota Balikpapan.

“Saya ingin jika ada kegiatan, benar-benar produk UMKM yang dikelola oleh naungan Disporapar, Dinas Perdagangan, termasuk Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian,” Kata Suwanto.

Dirinya akan segera menyelesaikan data-data UMKM di Kota Balikpapan, sehingga jika saat berbicara mengenai UMKM pihaknya sudah memiliki data yang nyata tidak hanya kira-kira.

“Data UMKM masih belum clear. Jadi, bagaimana pergerakan UMKM di Kota Balikpapan, jika UMKM satu bulan hanya produksi 5-10 kilogram apakah bisa dikatakan UMKM,” terangnya kepada wartawan Kamis (9/6) siang tadi.

Baca Juga :   Tinjau Persemaian Mentawir, Presiden: Pembangunan IKN Diawali dengan Rehabilitasi Lahan

Selain itu, Komisi II DPRD Balikpapan rencananya akan melakukan pertemuan dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait tinjauan UMKM di Kota Balikpapan. Sebab, dirinya telah menargetkan sebanyak 80 persen UMKM bisa berjalan.

“UMKM ini merupakan pilar terpenting dalam perekonomian Indonesia. Sehingga pemerintah harus mendukung UMKM dengan menjalankan sejumlah program, diantaranya Kredit Usaha Rakyat, Digitalisasi Pemasaran UMKM dan lainnya,” pungkasnya.

Penulis : Bayu Andalas Putra

Editor : Muhammad Irfan

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!