Jelang PPDB, Disdikbud Balikpapan Gandeng Disdukcapil Untuk Jalur Zonasi

Balikpapan – Kepala Dinas Pendidikkan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan Purnomo, bahwa pihaknya akan mengandeng Dinas Kependudukkan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) untuk Penerimaan Peserta didik Baru (PPDB) tahun 2022 .

“Kami bekerjasama dengan Disdukcapil terkait untuk verifikasi data calon siswa khususnya jalur zonasi berapa lama domisili. Nantinya hal tersebut akan langsung masuk dalam sistem,” kata Purnomo.

Seperti diketahui, untuk masuk dalam sistem zonasi minimal dua tahun sudah tinggal di wilayah yang dekat dengan sekolah. Sebab, hal tersebut akan dilihat dari bukti kartu keluarga (KK) yang terdaftar di Disdukcapil.

“Jadi, sistem tersebut langsung bisa terbaca setelah memasukkan NIK. Karena nanti akan muncul berapa lama tinggal diwilayah itu, Karena terkoneksi,” terangnya kepada wartaaan Rabu (15/6) siang tadi.

Baca Juga :   Jumlah Penduduk di Kota Balikpapan Meningkat, PPDB Jadi Permasalahan Utama

Selain itu dirinya juga menjelaskan, untuk PPDB tahun ini bagi warga yang rumahnya berdekatan dengan sekolah akan menjadi prioritas. Kebijakkan tersebut dilakukan setelah adanya demonstrasi di tahun kemarin akibat ada warga yang anaknya tidak diterima.

“Jadi zonasinya, warga yang dekat dari sekolah akan di prioritaskan, karena memang setiap hari kegiatannya melalui sekolah itu. Kemudian, dia terdampak, terdampak itu kalau ada kejadian apa-apa kita ke warga disekitar itu. Insya Allah akan diterima,” jelasnya.

Namun, disisi lain pihaknya juga mengingatkan, tetap ada kuota dimasing-masing sekolah yang berbeda-beda dengan mempertimbangkan kepadatan penduduk, luas wilayah serta daya tampung di sekolah.

“Di Gunung Pasir itu ada 3 sekolah SMP. Nah ketiganya ini pasti ada kelebihan dan kekurangan, maka dari itu kami akan membagi seperti jalur afirmasinya, jalur prestasi, dan jalur zonasi, hal ini agar bisa tercover semua.” pungkasnya.

Baca Juga :   Revialisasi Pelabuhan Speed dan Klotok Kampung Baru Masuk Dalam APBD 2024

Penulis : Bayu Andalas Putra

Editor : Muhammad Irfan

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!