Rusman Yaqub : Bela Negara Sebagai Bentuk Kecintaan Masyarakat Terhadap Negara

Balikpapan – Anggota Komisi IV DPRD Kalimantan Timur (Kaltim) Rusman Yaqub menyampaikan, bahwa semangat bela negara harus menjadi kewajiban yang dimiliki seluruh warga Negara Indonesia.

Sebab dirinya menilai, bahwa bela negara memiliki makna yang besar bagi seluruh rakyat Indonesia, terutama terhadap bangsa yang besar ini dengan berbagai macam perbedaan yang ada.

“Jadi dalam kondisi apapun, bela negara harus tetap diartikan sebagai bentuk kecintaan kita terhadap negara ini,” kata Rusman Yaqub.

Selain itu, di era globalisasi ini, bela negara juga harus semakin kuat. Karena, seperti diketahui bahwa tantangan bangsa saat ini semakin akan besar.

Maka dari itu, dirinya berharap agar seluruh masyarakat, khususnya generasi muda terus memiliki dan meningkatkan rasa kecintaan yang besar terhadap bangsa negara.

Baca Juga :   DPRD Balikpapan Kembali Soroti Seragam Sekolah Gratis Yang Belum Terealisasi

“Jadi rasa bela negara ini harus dibentuk dari struktur terkecil terutama di lingkungan sekitar kita. Kemudian bagaimana kita harus menjaga kondusifitas keamanan dan membangun semangat gotong-royong,” terangnya kepada wartawan.

Di samping itu dirinya juga menilai bahwa setiap warga negara memiliki kebebasan untuk menyampaikan pendapat, namun jangan sampai menjatuhkan kewibawaan negara ataupun pemerintah.

Hal tersebut justru sebagai salah satu wujud kecintaan warga terhadap negara demi mewujudkan tatanan negara yang adil dan makmur.

“Kecintaan kita terhadap negara itu penting, tapi bukan berarti menghilangkan fungsi kontrol kita pada tata kelola pemerintahan. Itu sesuatu yang harus beriringan ke bawah, untuk mengontrol jalannya pemerintahan,” pungkasnya.

Baca Juga :   Pengurus Dan Badan Pengawas Baznas Resmi di Lantik Wali Kota Balikpapan

Penulis : Bayu Andalas Putra

Editor : Muhammad Irfan

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!