Cacar Monyet Belum Ditemukan di Balikpapan, Dr. Dio : Cegah Dengan Hidup Sehat

Balikpapan – Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan, Andi Sri Juliarty menyampaikan, bahwa penularan penyakit cacar monyet di Balikpapan tidak perlu dikhawatirkan. Sebab untuk sejauh ini belum ada temuan bahwa penyakit itu sudah ada di Kota Balikpapan.

Dirinya juga mengaku bahwa sosialisasi cacar monyet di Balikpapan sudah dilakukan dan bukan penyakit yang spesial. Ia mengungkapkan belum ada temuan warga yang terjangkit penyakit tersebut.

“Jadi untuk mencegahnya yaitu perilaku hidup bersih dan sehat. Dsn ciri-cirinya seperti cacar biasa, cacar bulet-bulet berair dan bernanah seluruh badan,” kata Andi Sri Juliarty.

Selain itu dirinya menjelaskan, bahwa penularan penyakit tedsebut bisa melalui udara dan bahkan kontak langsung. Tapi dengan menjaga pola hidup sehat, maka dapat terhindar dari penularan.

Baca Juga :   Cegah Kebakaran Sekolah, Disdikbud Gelar Rakor Dengan Kepala Sekolah Se-Balikpapan

“Semua dokter sudah diberitahu cara mendeteksinya, semua sudah warning kalau ada bergejala, yang penting petugas bisa mendeteksi lebih dini,” terangnya kepada wartawan.

Kemudian, lanjut dr. Dio akrabnya disapa, bila ada gejala cacar sebaiknya langsung mendatangi rumah sakit terdekat. Dan petugas akan memeriksa melalui laboratorium darah untuk mendeteksi apakah penyakit tersebut termasuk cacar monyet.

“Jika terdapat gejala maka segeralah di bawa kerumah sakit terdekat. Hal ini guna mengantisipasi cacar monyet tersebut,” pungkasnya.

Penulis : Bayu Andalas Putra

Editor : Muhammad Irfan

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!