Guna Tepat Sasaran, Dewan Minta Satu Kelurahan Punya Satu Puskesmas

Balikpapan – Anggota Komisi IV DPRD Balikpapan Parlindungan menyampaikan, sebagai bentuk pengawasan dari beberapa program Pemerintah Kota (Penkot) Balikpapan yang sudah berjalan, pihaknya tentu ingin pelayanan tersebut tepat sasaran.

Dirinya menjelaskan, bahwa pelayanan kesehatan saat ini memang ditingkatkan oleh Pemkot Balikpapan karena sudah ada dalam RPJMD untuk menggratiskan BPJS Kesehatan.

“Tapi pelayanan ini menguras APBD Kota dan tidak semua masyarakat menggunakannya sebagai peruntukan yang diwacanakan, salah satu contoh oknum warga yang mampu, mereka masuk tapi hanya dipakai transaksional tertentu dalam bisnis, karena dipersyaratkan punya BPJS Kesehatan seperti beli rumah,” kata Parlindungan.

“Saya sarankan PBI nya diperbanyak, karena masyarakat yang tidak mampu itulah yang diberikan,” tambahnya.

Baca Juga :   PTM 100 Persen Dimulai, Disdikbud Minta Kepala Sekolah Pantau Pelaksanaan Pembelajaran

Selain itu, dirinya menjelaskan, agar mendekatkan fasilitas kesehatan kepada masyarakat, pihaknya meminta untuk membangun satu kelurahan satu puskesmas, hal ini guna memudahkan pelayanan ke masyarakat.

Adapun contohnya yakni seperti Puskesmas Gunung Bahagi khusus melayani Kelurahan Gunung Bahagia dan Sungai Nangka. Hal seperti inilah yang perlu menjadi perhatian Pemkot Balikpapan.

“Tapi selama ini niatnya Pemkot Balikpapan baik tapi tidak semua berjalan baik, kalau tidak tepat sasaran,” pungkasnya.

Penulis : Bayu Andalas Putra

Editor : Muhammad Irfan

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!